Swift

FASBuK Membaca Makna Ajak Penonton Hanyut ke Masa Lalu - Liputan Radar Kudus

Fasbuk
Reyhan M Abdurrohman dalam acara FASBuK "Membaca Makna"

BAE-Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) selalu mendulang sukses. Buktinya pada pentas di Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK) Senin (27/8) lali. Dengan mementaskan sejarah perjuangan, ratusan penonton seolah melihat masa lalu.

Ketua Badan Pelaksana FASBuK Arfin AM mengatakan, FASBuK edisi bulan Agustus ini mengajak penggiat seni dan sastrawan muda di Kudus. Mereka mengkreasikan karya puisi juga cerpen menjadi cerita menarik. "Karya yang ditampilkan tentang kemerdekaan bangsa Indonesia dan semangat perjuangan dan nilai-nilai sosial," katanya.

Penggiat seni antara lain Reyhan M Abdurrohman seorang penulis muda Kudus. Ia sudah menerbitkan karya-karyanya di berbagai media juga dalam bentuk buku. Ada juga Eko Fery Febriyanto, Ahmad Junnanda, dan Miladina Noor.

Para penonton larut dalam kisah Sri dan Satrio yang dibawakan Reyhan. Dia bercerita, kedua tokoh tersebut berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Markas Komando Daerah Muria menjadi saksi bisu kisah perjuangan mereka. Serta stasiun kereta api Kudus yang kini hanya menjadi sebuah bangunan usang.

Semantara itu, Fery Febriyanto tampil dengan cerita pendeknya. Ia membawakan cerita pendek tentang sebuah mimpi. Kemudian penampilan puncak diisi oleh Ahmad Junnanda dan Miladina Noor. Personel Teater Keris asal Kabupaten Jepara ini menampilkan teater tentang perjuangan kemerdekaan. "Dipengujung acara, kami membuka ruang diskusi dan tanya jawab bersama para penampil untuk mengungkapkan makna-makna yang ditulis dan dipentaskan ini," ujarnya.

FASBuK diharapkan dapat menciptakan varian kegiatan. Khususnya bidang kesusastraan dan kesenian lokal. "Semoga kelak dapat menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional. Sehingga tercapai ruang bersama untuk berbagi, bertukar pikiran, demi cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya," pungkasnya. (daf/mal)

Reyhan M Abdurrohman


*) kutipan berita di Radar Kudus edisi Kamis, 30 Agustus 2018 halaman 8

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih