Swift

Pendapat Saya Tentang Semua Ikan di Langit Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Novel DKJ, resensi semua ikan di langit, resensi novel
Semua Ikan di Langit (c) Reyhan MA

Judul : Semua Ikan Di Langit
Penulis        : Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Penyunting    : Septi Ws
Desainer sampul : Tim Desain Broccoli
Illustrator isi : Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Penerbit        : Grasindo
Tahun Terbit : 2017
Tebal        : 259 hlm.
ISBN        : 9786023758067

Sinopsis

Pekerjaan saya memang kedengaran membosankan—mengelilingi tempat yang itu-itu saja, diisi kaki-kaki berkeringat dan orang-orang berisik, diusik cicak-cicak kurang ajar, mendengar lagu aneh tentang tahu berbentuk bulat dan digoreng tanpa persiapan sebelumnya—tapi saya menggemarinya. Saya senang mengetahui cerita manusia dan kecoa dan tikus dan serangga yang mampir. Saya senang melihat isi tas yang terbuka, membaca buku yang dibalik-balik di kursi belakang, turut mendengarkan musik yang dinyanyikan di kepala seorang penumpang... bahkan kadang-kadang menyaksikan aksi pencurian.

Trayek saya memang hanya melewati Dipatiukur-Leuwipanjang, sebelum akhirnya bertemu Beliau, dan memulai trayek baru: mengelilingi angkasa, melintasi dimensi ruang dan waktu.

***

Semua Ikan di Langit ditulis dengan keterampilan bahasa yang berada di atas rata-rata para peserta Sayembara kali ini. Novel ini mampu merekahkan miris dan manis pada saat bersamaan. Dan, perbedaan mutu yang tajam antara Pemenang Pertama dan naskah-naskah lainnya, membuat dewan juri tidak memilih pemenang-pemenang di bawahnya.
--Laporan Pertanggungjawaban Dewan Juri Sayembara Novel DKJ 2016.


Adalah saya, sebuah bus Damri gembrot yang dibawa menempuh perjalanan panjang oleh Beliau, anak kecil mengenakan mantel kebesaran yang mengapung, ditemani sekelompok Ikan Julung-julung yang terbang. Terlepas dari debat penafsiran siapa Beliau, Ikan Julung-julung dan saya, setiap perjalanan mereka adalah kisah yang bisa dinikmati dan diambil pelajaran. Awalnya saya tak mengerti arah cerita Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie ini ke mana, tapi saya berusaha menikmatinya saja, hingga saya bertemu dengan kisah-kisah selanjutnya yang pada akhirnya saya bertemu ending.

Konflik utama dalam novel Semua Ikan di Langit bisa dikatakan tidak menonjol, tapi kesatupaduan novel ini dibangun dari banyak konflik yang ditemui saat perjalanan tokoh. Ada kegetiran, manis, sindiran yang kesemuanya pantas untuk dinikmati, direnungkan dan diambil pelajaran.

Saya bisa menangkap kisah Nabi Ibrahim yang dibakar, kisah keluarnya Dajal dan hari akhir, hingga kehidupan baru setelahnya. Penafsiran saya bisa saja berbeda dengan orang lain, karena memang sebuah karya bisa ditafsirkan macam-macam oleh pembaca. Dan novel ini memang akan multi tafsir dan rentan perdebatan. Hebat!

Selain cerita yang dituturkan dengan sangat hebat, buku ini disisipi ilustrasi berwarna yang digambar sendiri oleh Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Ilustrasi yang ditambahkan di dalam buku ini membuat cerita di dalamnya semakin hidup. Keren!

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih