Swift

Ngadem ke Desa Wisata Rahtawu Kudus

Ada beberapa yang menjadi rintisan desa wisata di Kabupaten Kudus. Salah satunya adalah Desa Rahtawu yang sebenarnya sudah lama ramai dikunjungi orang-orang dari Kudus kota dan kota sekitarnya. Desa Wisata Rahtawu Kudus adalah desa yang berada di Gunung Muria, pantas saja jika punya keindahan alam yang keren. Selain itu, Rahtawu juga menjadi jalan atau pintu masuk menuju ke Puncak 29 (songolikur), Puncak Abiyoso dan puncak lainnya. Pantas saja jika Rahtawu memang sudah dikenal sejak lama.


Rahtawu Kudus
Rahtawu Kudus

Lokasi Desa Rahtawu

Desa WIsata Rahtawu Kudus adalah desa tertinggi dan paling ujung dari Kecamatan Gebog. Perjalanan dapat ditembuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Kudus. Jalan menuju Rahtawu dari Kecamatan Besito, lurus saja ke utara, mengikuti jalan yang tidak terlalu besar. Nanti akan sampai pada batas kota, yang ditandai dengan gapura "selamat datang". Perjalanan belum usai. Jalanan berliku, licin dan terjal harus kita tempuh untuk sampai di desa atau sungai yang sekarang menjadi tempat pemandian alami dan beberapa objek wisata lainnya.

Tipsnya, tetap hati-hati dan jangan ngebut. Saat ada motor atau mobil dari arah berlawanan, jalan akan semakin menyempit. Belokannya pun cukup tajam, sedangkan di samping adalah tebing, dan samping yang lain adalah jurang.

Desa Rahtawu Kudus
Rahtawu Sekarang

Rahtawu Dahulu Kala

Dulu, rahtawu sebatas desa biasa yang memiliki potensi wisata alam yang indah. Sebut saja sungainya yang jernih dengan banyak sekali bebatuan besar yang membuat sungai tersebut terlihat indah. Namun, semakin ke sini, Rahtawu berbenah, lihat saja beberapa spot wisata yang ditawarkan dan dikelola dengan cukup baik. Selain sungai yang bersih, ada pula air terjun yang mulai dijadikan tempat wisata andalan, air terjun tersebut bernama Air Terjun Kalibanteng.

Desa Rahtawu
Kali Pethuk Rahtawu

Rahtawu Sekarang

Warga Rahtawu pun sadar atas potensi wisata luar biasa pada desanya. Mereka pun memanfaatkan momen tersebut untuk menjadikannya ladang penghasilan. Terlihat beberapa tempat makan, kedai kopi berdiri di sepanjang sungai. Beberapa rumah makan memberikan fasilitas yang berbeda dan spot foto kekinian yang instagramable. Ada pula yang memasang flying fox sebagai wahana tambahan. Wisata Rahtawu terbaru yang sedang ramai adalah  kolam renang di salah satu rumah makan, selain itu ada pula tebing batu yang instagramable banget. Rahtawu menjelma desa wisata kekinian, instagramable dan komplit.

Beberapa yang menjadi tempat wisata andalan dan sering dikunjungi adalah :

Pemandian Alam Kali Pethuk

Adalah pemandian alami yang cukup populer. Di sini adalah pertemuan dua sungai dari sumber yang berbeda. Di sini juga tersedia beberapa spot foto buatan yang instagramable dan kekinian. Kalau lapar, nggak usah khawatir karena ada rumah makan di sekitar.

Air Terjun Rahtawu Kudus
Air Terjun Kalibanteng Rahtawu

Air Terjun Kalibanteng

Air terjun ini indah, karena merupakan air terjun berundak. Dulu, air terjun ini bisa diakses hingga pada undakan tertinggi (paling atas). Namun karena pernah terjadi kecelakaan, akses itu pun ditutup. Sekarang kita hanya bisa menikmati Kalibanteng pada undakan bawah. Jangan khawatir, di sini nggak kalah indah, kok. Ada pula kolam yang cukup luas untuk berenang. Yeay!

*Potret Kalibanteng dulu sebelum ditutup

Gardu Pandang

Di Rahtawu juga ada gardu pandang yang cukup ramai di media sosial. Tempatnya memang instagramable banget. Pokoknya kayak foto-foto kekinian zaman now.

Air Terjun di Rahtawu
Air Terjun Kalibanteng Rahtawu

Pemandian Alami Lainnya

Sebenarnya banyak spot pemandian yang cukup ramai, tentunya dengan pemandnagan yang berbeda pula. Batu-batu besar tetap menjadi hiasan alami yang menarik dan ikonik. Setiap spot pemandian biasanya disertai rumah makan dan tempat parkir yang dikelola swasta. Tinggal kamu pilih deh mau berkunjung ke tempat yang mana.

Puncak 29 dan Abiyoso

Dua puncak ini berada pada jalur yang berbeda, kedua pun populer di kalangan pendaki di Kudus dan luar Kudus. Bagi yang suka berkemah, bisa mencoba berkemah di salah satu puncak tersebut.

Rahtawu Kudus
Sungai Rahatwu

Sebenarnya saya sudah beberapa kali berkunjung ke Desa Wisata Rahtawu Kudus, dari mulai SMA dulu hingga saat tulisan ini dipublikasikan. Perkembangannya sangat pesan dan hebat. Desa wisata ini akan terus berkembang seiring minat wisata yang makin membeludak. Meski sudah beberapa ke sini, saya tak bosan datang lagi dan lagi, bahkan ingin menjelajah semuanya. Semoga ada kesempatan lagi.

*foto diambil pada waktu yang berbeda

You Might Also Like

8 komentar

  1. Desa yang dlunya tidak terkenal jika dikelola bisa berpotensi menjadi desa wisata yaa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya loh Mbak. Penduduk sekitar jadi punya penghasilan dari rumah makan dan parkir. Untuk ke pemandian yang di sungai gratis, kalau ke air terjun bayar

      Delete
  2. Belum pernah ke sini sih, hehe. Soalnya jauh juga dari daera saya.

    ReplyDelete
  3. Pingin ke air terjunnya, airnya jernih banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jernih. Namun sayang, beberapa sudut ada sampah :(

      Delete
  4. Keren lokasinya.
    Tinggal dipoles dikit bakal jadi lokasi hits nih.

    Aku suka banget lokasi foto pertama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Berkunjung ke sini ya. Hehe :D

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih