Swift

Konsonan Thailand

bahasa thailand
Konsonan Thailand

Menurut saya, belajar Bahasa Thailand itu cukup sulit. Kenapa? karena selain kita harus menghafal arti, kita juga harus menghafal aksara Thailand yang tentunya berbeda dengan aksara latin. Aksara Thailand punya bentuk unik, hampir mirip dengan aksara Jawa, karena kriting-kriting gitu. Tapi jelas berbeda dengan Aksara Jawa. Selain aksara dan arti, kita juga perlu menghafal nada. Yups, bahasa Thailand itu bahasa yang pakai nada dalam pengucapannya, karena bisa jadi pelafalannya sama, tapi nadanya berbeda, jelas artinya pun akan berbeda. Makin bingung, kan?

Baiklah, kita pelan-pelan saja belajar Bahasa Thailandnya. Pada postingan kali ini, kita akan membahas konsonan Thailand. Konsinan atau huruf mati dalam Bahasa Thailand tidak sesederhana alfabet yang sudah kita kenal yakni dari "a" sampai "z". Konsonan Thai terdiri dari 44 konsonan yang terbagi menjadi tiga kelas; kelas rendah, kelas tengah, dan kelas tinggi. Perbedaan tingkatan kelas ini nanti yang akan menentukan nada. (Bahas lain waktu saja.)

Kenapa Harus Bahasa Thailand?

Sedikit cerita, kenapa saya tertarik belajar Bahasa Thailand. Sebelumnya, saya menyukai film atau serial Thailand yang memang punya cerita dan eksesuki keren. Film atau serial Thailand bisa jadi inspirasi saya untuk menulis (ceileh yang penulis). Nah, sering sebel karena banyak sekali drama Thailand yang nggak ada yang nge-subtitle (tidak tersedia subtittlenya). Nah dari sini jadi tertarik belajar Bahasa Thailand. Selain itu, karena memang bahasanya unik banget, mulai dari tulisan hingga cara pengucapannya yang sangat khas.

Tempat Belajar Bahasa Thailand

Awalnya saat masuk grup Pecinta Film Thailand, ada orang yang nawarin untuk masuk grup line Bahasa Thailand. Langsung saja deh aku inbox dan minta digabungkan. Duh, sebelumnya tepaksa aku bikin akun line terlebih dahulu. Akhirnya dimasukkanlah saya ke grup line JFF oleh Ade Julian. Saya sempat heran, kok namanya JFF. Doamatlah. Di dalam grup ada yang jago banget yakni, Kiki, tentunya yang lain pun jago seperti Coki, Tian, Ade dan Suryan. Ternyata pula ini grup nggak cuma bahas Bahasa Thailand, tapi apa aja. Selain itu, saya gabung di grup belajar lain, karena dimasukkan teman. Makin banyak teman deh. Di situlah saya belajar Bahasa Thailand. Saya belum lulus, tapi grupnya sudah sepi. Entahlah, sulit banget!

Konsonan Thailand


Alfabet di Thailand disebut juga akson อักษร atau aksara. Sedangkan konsonan disebut juga  พยัญชนะ / páyancháná. Konsonan ini berjumlah 44 konsonan yang juga memiliki pengucapan hampir mirip. Konsonan-konsonan ini pun terbagi menjadi tiga kelas, yakni kelas rendah, kelas tengah dan kelas tinggi. Kelas ini yang nantinya akan menentukan dana dalam pengucapannya.

Kenapa kita harus belajar konsonan?

Bukankah kita mau mempelajari Bahasa Thailand? makanya harus belajar dari paling dasar, yakni mengenal konsonan atau huruf matinya terlebih dahulu. Kalau tidak hafal, nanti kesulitan baca dalam Bahasa Thailand.

konsonan bahasa thailand
Seluruh konsonan berdasarkan kelasnya


Konsonan Kelas Rendah

belajar bahasa thailand
Konsonan Kelas Rendah


Konsonan Kelas Tengah
belajar bahasa thailand
Konsonan Kelas Tengah
Konsonan Kelas TInggi
belajar bahasa thailand
Konsonan Kelas Tinggi


Maksud dari seperti S-/-t adalah berarti konsonan tersebut jika berada di awal kata, maka dibaca "S", kalau di akhir atau pertengahan kata berarti dibaca "T". Jadi setiap konsonan bisa saja akan berbeda penyebutan, tergantung posisinya, karena bisa menjadi awalan atau akhiran.  Maka dari itu setiap konsonan kita harus menghafal : tulisannya, bunyinya di awal dan bunyi di akhir.

Pada tabel gambar di atas, yang berlatar belakang putih adalah nama konsonan. Jadi kamu bisa sekaligus menghafalnya, ataupun tidak.

Konsonan
Bunyi Kh-/-k
Nama Konsonan ค ควาย
Lafal Latin kho khwaai
Arti kerbau

ฉ oo aang adalah konsonan spesial. Dia tidak memiliki bunyi, karena dia bisa bertindak sebagai vokal yang berbunyi "O" (seperti pengucapan odong-odong), dan penentu nada. Maka dari itu, pada tabel gambar di atas, oo aang tidak berbunyi awalan maupun akhirnya.

ว woo wăen juga spesial, karena selain bertindak sebagai konsonan yang berbunyi "W", dia juga bisa bertindak sebagai vokal yang memiliki bunyi "ua".

Mungkin itu dulu, daripada terlalu banyak yang disampaikan jadi bingung. Untuk tips bagaimana cara gampang menghafalkannya adalah, kamu bisa menghafalkannya kelas konsonan tengah dan tinggi terlabih dahulu, barulah sisanya adalah kelas konsonan rendah. Atau sesuka kamu.

Selain itu kamu bisa menghafalkan seminggu minimal lima konsonan diulang-ulang terus sambil dituliskan, karena saat menuliskannya nanti akan terjadi proses penghafalan juga. Temuka metode menghafal sesuai keinginan dan kemudahan kamu...

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih