Swift

Sari Ratu di Grand City hingga Airy Rooms Hotel Grand Sumatera Surabaya - Catatan Menuju Grand Finale Unsa Ambassador 2018 #3

mall di surabaya
Feri : eksis dulu, gan

Sabtu pukul 13.00 WIB kami janjian dengan panitia Unsa Ambassador di Outlet Sari Ratu, Grand City Mall Surabaya, yang sekaligus menjadi titik kumpul panitia, peserta dan tamu lainnya. Dari Museum Kesehatan kami (saya, Feri dan Zi) pesan Grab Car menuju ke Grand City Mall. Adanya Grab ini sangat membantu, karena kami sama sekali tidak tahu di mana lokasi tujuan kami. Mbak Arikmah, Anggi dan Aris naik motor ke lokasi janjian. Sedangkan Sindi harus pamit karena ada kegiatan lain.

I Love Grand City

Sari Ratu di Grand City Mall Surabaya

Saya tidak ingat berapa lama perjalanan dari Museum Kesehatan hingga Grand City Mall. Apalagi di jalan saya asyik ngobrol sama Zi soal blog, web dan youtube. Tak lama, kami sudah sampai di Mall besar tersebut (Di Kudus nggak ada mall sebesar ini). Sebelum masuk, kami melewati pintu metal detector sebagai pengamanan. Baru tahu saya, kalau masuk mall kemanannya juga diperhatikan (lagi-lagi di Kudus nggak ada yang kaya gini). Sampai lobi kami langsung naik ke lantai 3 yang kata Uncle Dang Aji Sidik tempat Sari Ratu berada, tepatnya  di area food court. Tapi setelah muter-muter, kok nggak ketemu juga. Kami tanya satpam dan ditunjukkan di lantai 4 di pojokan (daerah food court).
Setelah sampai food court dan ketemu si Sari Ratu, ternyata belum ada satu pun panitia di situ. Saya langsung memberi kabar bahwa saya sudah di tempat.

Sari Ratu Rumah Makan Padang Surabaya
Piringku paling sepi

Sembari menunggu, kami ke musala terlebih dahulu di lantai bawah (lupa lantai berapa). Di situ, setelah salat kami ketemu kembali dengan Mbak Arikmah, Anggi dan Aris. Yeay, berkumpul lagi. Selepas salat, kami langsung menuju ke food court yang ternyata sudah menunggu Kang Deny Herdi dan Irwan Sandza. Tak lama mulai bermunculan satu per-satu tamu dan panitia lain. Akhirnya perut yang sedari tadi kosong, terisi sajian dari masakan Padangnya Sari Ratu. Saya hanya ngambil rendang tanpa sayur. Waktu itu Uncle Dang Aji nanya, "Kok nggak pake sayur." Saya cuma senyum sambil bilang, "Nggak suka."

hotel di surabaya
sumber google.com

Airy Rooms di Hotel Grand Sumatera Surabaya

Setelah makan siang, kami diantar ke hotel yang sudah dipersiapkan. Hotel Grand Sumatera Surabaya yang berada di Jl. Sumatera No.89, Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60281. Hotel ini bekerja sama dengan Airy Rooms yang baru ngetren itu. Benar saja setelah masuk kamar, dekorasi dan layanan Airi Rooms menyapa. Tempat tidur yang dilengkapi bantal biru, kudapan ringan, air mineral. Di toilet pun tersedia perlengkapan mandi seperti sabun, sampo dan sikat gigi serta odolnya yang disimpan pada pouch biru khas Airi Rooms. Percuma saya bawa peralatan mandi dari rumah. Yang belum tahu apa itu Airy Rooms, mari saya paparkan sebentar.

Pada website Airy Rooms diterangkan bahwa ini merupakan Accomodation Network Orchestrator (ANO) yang kemudian bermitra dengan berbagai hotel budget di seluruh Indonesia. Layanan ini terintegrasi dengan teknologi terkini yang berupaya memberikan pengalaman menginap terbaik dengan harga yang relatif terjangkau.

Apa aja sih layanan yang diberikan? Airy Rooms ternyata memiliki beberapa tipe, yakni: Airy Eco, Airy Standart, Airy Primer. Airy Eco ini favoritnya pada backpacker karena paling murah di antara tipe lainnya. Kebetulan saat saya menginap di Hotel Grand Sumatera Surabaya, sepertinya layanannya adalah Airy Standart. Terlihat dari layanan yang kami dapatkan, adalah sebagai berikut:

1. Tempat tidur bersih

hotel di surabaya
Masih rapi sebelum saya acak-acak

Jelas tempat tidurnya rapi dan bersih, beda sama kamar pribadi saya yang ... you know lah kamar cowok seperti apa. Kebetulan saya sekamar tiga orang; saya, Feri dan Aris. Sedangkan yang tersedia cuma dua tempat tidur, pihak hotel memberikan ekstra bed yang diletakkan di tengah antara dua tempat tidur. Feri yang ngalah tidur di bawah, tapi tetap nyaman kok, karena lengkap dengan selimut tebal.

2. Wifi Gratis

Tamu bisa tanya password wifi ke petugas hotel, tapi saya tak memanfaatkan itu. Biar kuota data saya juga terpakai. Hahaha.

3. TV Layar Datar

Bersantai

Biar nggak boring dikamar.

4. AC

5.  Air Hangat

Ada dua pillihan air yang diberikan yakni air dingin dan air hangat (lebih ke panas, sih). Emang dasaranya saya ndeso, saya nggak tahu bagaimana caranya ngatur itu, eh malah yang kelaur air panas banget. Saya putar-puter akhirnya ketemu air normal.

6. Perlengkapan Mandi

grand sumatera surabaya
Noh ada pouch biru berisi sikat, odol, shampo dan sabun

Sayang sekali saya membawa perlengkpan mandi sendiri dari rumah, tapi tetap saya cobain shampo dan sabunnya, biar nggak rugi-rugi amat. Haha.

7. Camilan dan Air Minum Gratis

airy rooms surabaya
Lapar dan haus, nggak perlu khawatir

Ada beberapa kudapan ringan dan air mineral yang tersedia dan boleh dihabiskan.

Katanya, perlengkapan mandinya bisa dibawa pulang. Lumayan kan? Namun untuk box makanan ringannya jangan dibawa pulang ya, itu buat tamu berikutnya.

Pagi hari kami dapat sarapan soto yang kuah dan nasinya dipisah. Baru kali ini saya makan soto dengan cara penyajian seperti ini. Daripada ribet, saya masukin aja nasinya ke mangkuk yang berisi kuah soto. Langsung habisin, deh.

Sayang sekali pagi itu juga kami harus check out karena acara inti akan dimulai di Tanak Melayu Resto. Padahal semalam saya tidur lebih awal karena benar-benar kecapekan.

Terima kasih buat Unsa (Untuk Sahabat), Uncle Dang Aji Sidik, dan semuanya, atas pengalaman menyenangkan dan berharga ini. Kapan-kapan lagi, ya...

Baca artikel sebelumnya:
Bus Kudus Surabaya - Catatan Menuju Grand Finale Unsa Ambassador 2018 #1
Museum Tugu Pahlawan Surabaya - Catatan Menuju Grand Finale Unsa Ambassador 2018 #2