Swift

Review Film Dorm Thailand - Film Horor Thailand


film dorm thailand
Poster Dorm Versi Thailand dan Internasional

Sawat-dii krap

Sebenarnya bisa dibilang sangat telat karena baru menonton film ini. Hehe. Pasalnya film horor ini sudah muncul di tahun 2006 lalu. Sebenarnya sudah lama saya tahu film ini, cuma memang baru sempat mengunduh dan menontonnya. Salah satu yang bikin tertarik menonton adalah karena ini kisah di asrama yang saya pikir bakal banyak misteri yang akan ditemui di sini. Langsung deh setelah kelas nonton punya rencana buat review film Dorm Thailand ini.

Jika kebanyakan film horor itu mengerikan dengan memunculkan hantu dengan wajah dan penampilan seram yang muncul tiba-tiba, berbeda dengan Film Dorm ini. Di sini justru kita disuguhi cerita persahabatan antara anak manusia dan hantu, tentunya hantunya pun anak-anak dan tidak menyeramkan, tapi imut, karena yang jadi si hantu adalah Chienthaworn (saya tahu gedenya di serial Hormones, cakep euy) dengan nama peran Vinchien. Sedangkan si manusianya bernama Ton Chatree yang memerankan adalah Trairat.

sinopsis film dorm thailand
Chienthaworn (hantunya imut ya?)

Tidak hanya melulu kejadian ganjil yang ditemui di asrama, tapi  ada cerita kekeluargaan tentang ayah dan anak. Jadi ayah Ton Chatree sangat protektif, Chatree harus terus belajar dan jadi anak yang pintar, padahal anak tersebut masih ingin bermain-main. Nah, dimasukkanlah Chatree pada sekolah asrama, agar bisa mandiri dan  belajar dengan fokus. Tapi Chatree setengah hati dan menganggap ayahnya jahat.

Di sekolah dia bertemu dengan orang-orang baru, nah dari sinilah di dipertemukan teman-teman baru yang malah menceritakannya sebuah cerita horor turun-temurun, tentang seorang anak yang dikira mati bunuh diri di kolam renang belakang sekolah. Lalu si anak gentayangan. Lalu ada cerita juga tentang Miss Pranee yang diperankan Sukapatana yang kono katanya tidak waras karena sering mendengarkan piringan hitam rusak, dan setiap membuka laci meja kerjanya langsung menangis. Kisah Miss Pranee ini ganjil banget, tapi tenang, di ending bakal terang-benderang kok. Tapi endingnya nggak kuceritain di review film Dorm Thailand ini ya... hoho :D

review film dorm thailand
Bersahabat dengan hantu 

Sungguh cerita-cerita itu terus membayangi Chatree hingga dia ketakutan. Namun untunglah ada Vinchien yang datang menghiburnya dan menjadi temannya. Sayangnya Chatree tidak sadar kalau Vinchien ternyata adalah hantu. Dari Vinchienlah Chatree tahu cerita yang sebenarnya, bahwa Vinchien tidak bunuh diri, dan kematiannya bukan karena kesalahan Miss Pranee.

Film yang disutradarai Songyos Sugmakanan ini menyajikan kisah horor yang tidak biasa. Ada pesan yang dapat diambil selain persahabatan dan kehidupan di Dorm adalah keluarga. Ayah sejatinya menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang juara dan sukses, tapi mungkin komunikasinya yang kurang sesuai dan sulit diterima oleh si anak tersebut.

film dorm thailand
Kematian Vinchien

Film Dorm ini sudah mendapatkan banyak penghargaan antara lain :

  • 2007 Berlin Film Festival – Crystal Bear Award for best film in Generation Kplus competition, awarded by 11-member children's jury.
  • 2007 Fajr International Film Festival – Crystal Simorgh for best director in the Spiritual Films Competition.
  • Thailand National Film Association Awards
    Best editing
    Best art direction
  • Golden Doll Awards
    Best actor (Charlie Trairat)
    Best actress (Chintara Sukapatana)
    Best script
  • Bangkok Critics Assembly
    Best picture
    Best director (Songyos Sugmakanan)
    Best script
    Best cinematography
  • Starpics Awards
    Best picture
    Best supporting actress (Chintara Sukapatana)
    Best script
    Best editing
  • Kom Chad Luek Awards
    Best supporting actor (Sirachuch Chienthaworn)
    Best supporting actress (Chintara Sukapatana)

Mungkin itu sedikit review film Dorm Thailand dari saya, semoga bermanfaat. Tonton deh, nggak bakal rugi. Sukses deh buat perfilman Thailand

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih