Swift

Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Tetap Sehat Saat Menulis

Saat sudah "tenggelam" dalam aktivitas menulis di depan layar komputer atau laptop seringkali kita sudah tidak peduli dengan sekitar, bahkan dengan kondisi kesehatan diri sendiri. Kita bahkan rela begadang untuk menyelesaikan tulisan kita karena merasa nanggung jika harus dihentikan dan dilanjutkan esok hari. Meskipun kita dikejar deadline atau sedang sangat asyik dengan aktivitas menulis tersebut harus tetap menjaga kesehatan, karena kesehatan itu penting.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang hal yang perlu diperhatikan agar tetap sehat saat menulis yang saya kutip dari buku "Nulis itu 'Dipraktekin'" karya Tim Wesfix. Biasanya keluhan-keluhan yang sering timbul saat kelamaan menulis atau duduk di depan layar komputer adalah mata yang mulai pedas, punggung yang kaku atau leher yang juga ikut kaku. Ya, itu semu terjadi karena saat menulis otot-otot kita menjadi tegang. Misalnya seperti otot leher yang terus menunduk kearah layar, terus otot mata yang bekerja lebih menatap layar.

Langsung saja berikut adalah hal yang perlu diperhatikan agar sehat saat menulis yang sebetulnya sederhana dan dapat kita praktekkan saat beraktivitas  tersebut tanpa mengganggu keasyikan menulis kita:

1. Kesehatan Mata

Memakai Kacamata (c) alisyahbanaf-topinfo.blogspot.co.id

Jelas sekali mata kita akan bekerja lebih untuk menatap layar komputer. Maka dari itu usahakan tetap berkedip untuk membasahi pelupuk mata dan mengedurkan otot-otot mata. Bila perlu selingi dengan memandang hal yang lain selain layar komputer. Jaga jarak layar dengan mata kita agar tidak terkena radiasi. Bila perlu pakailah kacamata anti radiasi.

2. Makan Terjaga

Makanan (c) huruharada.blogspot.co.id

Sesibuk apa kita dan seasyik apa pun kita saat menulis usahakan tubuh kita tetap mendapat asupan energi dan gizi. Makan makanan yang bergizi tinggi. Selain itu, jangan lupa minum yang cukup agar tidak dehidrasi. Bagaimanapun juga biasanya jika sudah tenggelam dalam aktivitas menulis akan lupa makan dan minum. Jelas itu salah besar. Makan dan minum harus tetap terjaga agar tubuh pun tetap sehat.

3. Tidur yang Cukup

Tidur (c) bhataramedia.com

Sebenarnya tidak dibenarkan begadang karena tubuh kita juga butuh istirahat. Tidur yang nyenyak dapat memulihkan tenaga kita. Lebih baik tidur yang cukup dan esok hari bangun dengan kondisi yang segar dan dapat melanjutkan tulisan lagi, daripada  begadang dan keesokannya malah ngantuk. Meski tidak dipungkiri deadline yang menanti menjadi alasan kita untuk begadang. Tapi alangkah lebih bagusnya jika kita mensiasatinya dengan mengatur jadwal  menulis dan merencanakannya dengan matang agar dapat selesai sebelum deadline tanpa harus begadang.

4. Helalah Napas

Menghela napas (c) cdns.klimg.com

Hal sesederhana ini sering kali terlupakan. Padahal menghela napas dalam-dalam itu penting. Jika sudah terpaku pada aktvitas menulis, perkara penting nan sederhana ini pun bisa jadi dilupakan. Bahkan napas kita secara tidak sadar tidak teratur. Berhentilah sejenak untuk mengatur napas dan menghela napas dalam-dalam agar oksigen dapat masuk dengan baik dan lancar.

5. Reguler Break

Beristirahat (c) nuqtoh.com

Sebelum menulis lebih baik sudah merencanakan jadwal istirahat secara berkala. Seperti halnya sekolah dan kerja pun ada istirahatnya. Begitu juga saat menuis--meskipun pekerjaan freelance dengan deadline ketat, tetap harus mengatur jadwal untuk istirahat sejenak mengistirahatkan tubuh, mata dan barangkali jari yang sedari tadi sudah dipaksa menekan keyboard.

6. Berolahraga

Berolahraga (c) kompas.com

Yang paling penting adalah berolahraga. Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan kita. Aktivitas menulis adalah aktivitas duduk yang lumayan lama, maka dari itu agar otot-otot tidak kencang perlu peregangan dengan berolahraga. Jadi meskipun duduk lama, badan juga bergerak untuk olahraga.

Ya, mungkin ke enam hal yang perlu diperhatikan agar tetap  sehat saat menulis di atas tergolong sederhana, namun sering kali terlupakan. Bukan berarti jika sudah sangat asyik menulis tidak memperhatikan kesehatan, karena kesehatan itu penting dan mahal harganya.  Maka dari itu daripada mengobati lebih baik mencegah. 

Semoga kita dapat mempraktekan tips sehat saat menulis ini dan benar akan tetap sehat. Jika ada sanggahan atau tambahan dapat ditambahkan di kolom komentar. Ini saya tulis menurut buku yang sudah saya sebutkan dengan beberapa tambahan sesuai dengan pengalaman pribadi.

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih