Swift

Cara Mengganti Template Blog


Sebenarnya untuk urusan template blog ini cukup dasar dan memang harus dipelajari agar blog kita semakin keren. Platform blogger sendiri sudah menyediakan paketan template bawaan yang sudah cukup keren sebenarnya. Selain template bawaan itu sendiri bisa langsung pilih dan pasang, kita penggunanaya juga diberi kesempatan untuk cara memodifikasi blog sesuai keinginan kita.

Karena cara mengganti template blog ini sifatnya memang mendasar untuk sebuah blog dan masih ada yang bertanya secara pribadi tentang itu kepada saya, maka saya mencoba memaparkann caranya dengan cara yang sangat amat sederhana dan semoga mudah dipahami dan dipraktekkan secara langsung.

Sebelum melangkah pada tahap selanjutnya untuk cara mengganti template blog, mari siapkan dulu template yang sudah kita pilih dan download terlebih dahulu pada penyedia template blog untuk platform blogger. 

1. Download Template


Sebenarnya untuk template blog bisa didapatkan gratis dan berbayar. Kalau nggak mau bayar, bisa cari yang gratisan, hanya saja mungkin akses ke template gratisan itu terbatas. Beda dengan template berbayar yang penyedianya biasanya memberikan fasilitas lebih. Di sini kamu bebas memilih template yang kalian sukai. Usahakan memilih template yang responsiv, sederhana dan sesuai dengan tema blog kamu. Langsung saja download template blog keren yang kamu inginkan.


2. Extract File *.XML


Setelah berhasil di download, biasanya akan terundul file dalam bentuk *.zip atau *.rar. Nah, di sini templatenya tidak bisa langsung digunakan, kita harus meng-extract-nya terlebih dahulu karena file template yang digunakan hanya template yang berekstensi *.xml


Biasanya dalam file *.zip atau *.rar tersebut sudah dilengkapi cara memasang dan mengaplikasiakn tempalte tersebut pada blog kamu. Tapi tidak semuanya menyertakan file tutorialnya. Tenang saja, karena cara mengaplikasikannya cukup mudah kok.

3. Masuk ke Dashboard Blogger 



Masuklah ke dashboard blogger kamu. Kemudian pilih "template" karena kamu akan mengubah templatenya. Setelah jendela template sudah keluar, pilih "cadangkan/pulihkan", yang nantinya akan muncul kotak baru untuk meng-unggah templatenya.

4. Pasang Template ke Blogger



Pilih "Choose File" untuk mencari file *.xml yang sudah di extract dan sudah disimpan di folder tertentu. Jika sudah pilih saja atau double klik. Jika nama file tersebut sudah terbaca di kotak di atas, maka langkah selanjutnya adalah klik "Unggah"

Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Jika proses selesai nanti otomatis kotak menghilang dan akan kembali ke jendela template. Nah sekarang coba buka blog kamu, template yang baru langsung terpasang. Langkah selanjutnya, mulailah ngeblog, biar blognya nggak kosong. Rugi dong, sudah cantik tapi kosong.

Sekian tutorial cara mengganti template blog dari saya. Semoga bisa dipahami dan dapat bermanfaat. Jika ada yang mau ditambahkan atau ada yang mau ditanyakan bisa ditulis di kolom komentar, Jika saya bisa menjawab akan langsung saya jawab, jika tidak, mari diskusi bersama dan cari jawabannya bersama.

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih