Swift

Pesona Pantai Bondo Jepara, Dulu dan Sekarang Beda Jauh, Bro!

pantai bondo
Pantai Bondo Jepara

Sebenarnya kemarin (1 Oktober 2016) adalah kali ke-dua saya ke Pantai Bondo Jepara. Sebelumnya sudah pernah pada tahun 2014, cukup lama memang. Dulu juga saya sudah bercerita panjang tentang pesona pantai yang disebut juga sebagai Pantai Ombak Mati itu. Adapun artikelnya bisa dibaca di sini

Tentunya saya tidak akan mengulangi lagi bagaimana akses menuju ke pantai ini, karena jalannya pun sama. Pada artikel  ini saya  akan membandingkan kondisi Pantai Bondo Jepara dulu dan sekarang yang sangat jauh berbeda. Memang seiring berjalannya waktu dan kepopuleran pantai yang kian naik daun, maka segala perubahan diupayakan. Langsung saja beginilah kondisi pantai dulu dan sekarang.

Kalau dulu masih sepi pengunjung, sekarang rame banget

Pada kunjungan saya yang pertama di tahun 2014 lalu, pantai ini masih-lah pantai biasa yang berada di  lingkungan kampung yang masih sedikit orang tahu. Bukannya tidak tahu, tapi sedikit yang berminat mengunjunginya dan menjadikannya tujuan wisata andalan. Memang sih di hari-hari tertentu terkadang digelar pertunjukan musik  dangdut, seperti yang dulu saat saya berkunjung pas libur lebaran, tapi tetap saja tidak  seramai Pantai Bandengan atau Pantai Kartini.

Selain itu masih dijumpai perahu nelayan yang terdampar di bibir pantai. Masih pula dijumpai  sampah rumah tangga yang berserakan, bahkan belukar yang dibiarkan liar. Pokoknnya terlihat seperti pantai yang tidak diperuntukan sebagai tempat wisata. Memang sih sudah ada beberapa lokasi yang memberikan fasilitas bilas, penyewaan ban bahkan warung makan, tapi tetap tidak terlalu ramai karena memang belum banyak dipublikasikan.
 Dulu...
Pantai Bondo Jepara dulu masih sepi

Sekarang...
Pantai Bondo
Ramainya Pantai Bondo Jepara sekarang...
Sekarang pantai ini ramai oleh pengunjung. Di era instagram seperti ini memberikan dampak yang cukup signifikan dalam menaikkan jumlah pengunjung. Kenapa tidak, jika setiap pengunjung meng-unggah hasil fotonya ke media sosial pasti akan semakin banyak orang yang tahu. Faktor lainnya, karena pantai ini sudah bersolek. Yang dulunya belum ada apa-apa, sekarang sudah banyak yang memanfaatkannya untuk mengais rejeki, dengan mendirikan warung kopi dengan berbagai konsep, tepat di tepi pantai. 

Pihak pengelola warung sengaja membangun beberapa ayunan dan fasilitas lain sebagai spot foto yang menarik yang sukses  menarik massa untuk datang mengunjunginya. Selain itu penempatan bangku-bangku warung tepat di tepi pantai pun benar-benar bisa menarik minat pengunjung untuk sekedar bersantai. Jelas sasarannya adalah pengunjung usia  remaja dan dewasa  muda yang masih doyan ber-selfie ria.

Awalnya kukira pembuatan fasilitas seperti ayunan dan tulisan "Pantai Bondo" adalah pekerjaan dinas setempat sebagai fasilitas yang diberikan kepada pengunjung. Tapi kayaknya (hanya opini saya, karena saya belum mengkonfirmasinya) dinas belum berperan banyak dalam pengelolaan pantai ini, sehingga space yang ada dimanfaatkan pihak swasta setempat.


Jangan cuma foto doang, belilah segelas kopi di kedai setempat...

Dulu, kalau di Pantai Ombak Mati ini belum banyak berdiri kedai atau warung di pinggir pantai. Masih banyak lokasi yang free dan bebas buat siapa saja tanpa diharuskan membeli sesuatu terlebih dahulu. Memang sih dulu tidak ada fasilitas penunjang seperti ayunan atau apalah yang bisa menunjang hasil foto tampak lebih bagus, tapi kita bebas foto di spot mana aja, bahkan di perahu yang kebetulan bersandar pun tak ada yang melarang dan meminta bayaran. Cuma membayar tiket masuk, setelahnya free


Dulu...
Pantai Bondo Jepara
Dulu, foto di mana aja gratis...

Sekarang...
Sekarang, kalau mau nyantai atau foto di sini, beli minuman ya...

Sekarang tentunya berbeda jauh. Seperti yang sudah saya utarakan tadi bahwa beberapa space pantai ini dimanfaatkan pihak swasta untuk mendirikan warung atau kedai tepat di tepian pantai.  Bahkan masuk ke areal pantai. Mereka membangun fasilitas menarik, lucu dan indah yang berhasil menarik wisatawan. Ada bangku-bangku santai beserta meja berpayung di tepian pantai yang cocok untuk tempat nyantai. Ada juga ayunan dan bingkai "love" dari bunga-bunga yang indah dan pernak-pernik lain yang mendukung foto. Pokoknya kamu bakal ngerasa lagi nggak di Jepara, deh. Pengelola swasta ini patut diacungi jempol dengan segala kreatifitasnya. 

Untuk berfoto di lokasi tersebut sebenarnya gratis, hanya saja dihimbau untuk membeli sesuatu di kedai setempat, setidaknya segelas kopi untuk teman bersantai. Kalau nggak mau beli, lebih baik cari lokasi lain untuk bersantai dan berfoto, deh. Ya, kondisi semacam ini menjadikan pantai ini seolah sudah menjadi milik pemilik usaha karena space-nya sudah dikotak-kotakkan. Tapi tidak ada salahnya kan bersantai sambil minum es dan makan gorengan contohnya, pasti mengasyikan. Kamu pun dapat sekalian berfoto-foto sampai puas. 

Sebagaiaman harga menu di tempat wisata tentunya pasti akan lebih mahal daripada di tempat biasa. Ya, sama seperti di sini. Memang menu yang ditawarkan beragam dan tergolong sederhana, seperti kopi, teh, susu, gorengan atau rujak, tapi harganya ... pasti sedikit lebih mahal. Kemarin saya dan teman-teman memesan es teh dan pisang goreng saja. Es tehnya dihargai Rp 4.000,- sedangkan pisang gorengnya Rp 2.000,- masih terjangkau,  kan? Dengan membeli, sudah dapat fasilitas bangku, dan berfoto gratis hingga wifi. Jadi jika kesulitan sinyal bisa memanfaatkan wifi yang tersedia.

pantai bondo jepara
Es teh dan pisang goreng

Bondo sekarang bikin betah untuk bersantai...

Karena adanya warung-warung di sekitar pantai yang memberikan fasilitas bangku-bangku santai yang nyaman, tentunya bikin betah berlama-lama berada di sini sambil menunggu sunset contohnya. Tidak usah khawatir akan kepanasan karena dipayungi payung-payung besar di setiap bangkunya. 

Pantai Bondo Jepara Indah

pesona pantai bondo jepara

pantai bondo memang indah


Jika bertandang ke Jepara, jangan lupa mampir ke Pantai Bondo Jepara,  ya. Habiskan harimu di sini sambil menanti sunset yang indah. Bisa juga berenang di laut yang ombaknya tenang. Liburanmu pasti akan sangat menyenangkan.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Kayaknya seru nih, Jepara banyak pantainya :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah informasinya sangat membantu sekali untuk perjalanan saya dan teman teman saya menuju panta bondo,dengan adanya artikel diatas dpt membantu mngetahui info pemandangan dan fasilitas yang ada disana ,trims sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat... Selamat berlibur

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih