Swift

Berwisata ke Pantai Teluk Awur di Jepara

Pantai Teluk Awur (c) nasirullahsitam.com

Hari minggu tuh waktunya buat liburan, jadi benar-benar dimanfaatkan. Hehe. Saya sendiri pun begitu, berusaha benar-benar memanfaatkan hari libur. Seminggu kemarin sudah capek dan mumet sama kerjaan di kantor, waktunya refreshing. Uyeee...! Kemarin minggu (07/08/2016) tiba-tiba teman saya--Refi Mahardika--mengajak saya ke pantai. Awalnya sih mengajak ke Pantai Empu Rancak Jepara, berhubung saya sediri sudah pernah ke sana, saya pun memberi opsi lain, ya, saya memilih Pantai Teluk Awur Jepara, dan dia pun setuju.

Ternyata pantai ini berada di sekitar lokasi Fakultas Perikanan Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berada di  Jepara. Lebih tepatnya, pantai ini berlokasi di Desa Telukawur Kabupaten Jepara. UNDIP di sini sangat luas, bahkan sangat-sangat luas. Di dalamnya hanya terlihat pepohonan rindang yang sepertinya sangat adem. Eh, malah ngebahas UNDIP, langsung saja kembali ke pesona Pantai Teluk Awur di Jepara.

telu kawur jepara
Foto diambil pada 1 Oktober 2016 (kunjungan ke-2)

Kalau menurut saya pantai ini cukup dekat dibanding Pantai Kartini atau Pantai Bandengan, itupun kalau ditempuh dari Kudus. Pantai ini berjarak sekitar 4 KM dari pusat kota. Saya kemarin tidak lewat kota, karena setelah dilihat dari GPS, ternyata cukup jauh, saya pun mengambil jalur alternatif dari GPS pakai mode jalan kaki. Pokoknya dari bunderan (lupa nama bunderannya) ambil kiri, terus lurus aja sampai di lokasi pantai.

Tiket masuk ke pantai ini ternyata gratis. Ya, benar-benar gratis. Entah jika pada hari-hari tertentu seperti kupatan. Di sekitar pantai pun berdiri hotel dan resort yang cukup mewah. Kalau pengen nginep bisa-lah booking satu kamar. Hehe. Ada turis mancanegara juga loh yang datang ke sini. Selain itu turis lokalpun tak kalah membanjiri  lokasi pantai.

Teluk Awur Jepara
Foto diambil pada 1 Oktober 2016 (kunjungan ke-2)


Pantai Teluk Awur di Jepara memiliki pasir putih. Pantainya pun cukup panjang, namun sepertinya jarak pantai dan air laut tidak terlalu luas. Di pantai ini pun sepertinya tidak ada titik pantau untuk penjaga pantai, jadi kalau berenang harus berhati-hati, jangan ke tengah. Jika membawa anak-anak harus terus dipantau. 

Menurut saya, pantai ini cukup ramai dan padat. Banyak warung beridiri menjajakan dagangannya. Di pinggir pantai pun tersedia bangku-bangku kayu dan permanen yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai di bawah pohon. Pokoknya adem banget... suasananya sudah seperti di Bali atau Lombok (suasana bangku-bangkunya maksudnya). Eh, tapi ada satu hal yang merusak pemandangan, jasa penyewaan ban dan pelampung berjajak di tepi pantai, tepat di depan bangku-bangku tempat duduk pengunjung.  Sungguh ini benar-benar menghalangi pemandangan pengunjung yang harusnya langsung memandang lepas pantai.

Pantai Teluk  Awur 'ramai' banget (c) youtube.com

Saya pribadi menyayangkan akan hal ini, karena selain lokasi pantai yang menyempit, pun pemandangannya jadi terganggu. Lebih baik penyedia jasa penyewaan ban dan pelampung ini ditaruh di belakang bangku atau di depan warung atau disediakan tempat khusus. Jadi saat pengunjung bersantai memandang laut, tak ada lagi penghalangnya. Sekali lagi ini hanya usul dan pendapat saya saja sebagai pengunjung.

Oh iya, yang terpenting di pantai ini tersedia tempat sampah. Tapi rupanya kesadaran pengunjung akan kebersihan masih minim, sehingga masih banyak ditemukan sampah berserakan di areal pantai.  Di pinggir pantai pun banyak ditemui sampah yang terbawa oleh gelombang. Jangan lupa jaga kebersihan, ya! Selain itu, di sini tidak tersedia lahan parkir untuk kendaraan roda dua, sehingga banyak motor yang terparkir sembarangan yang berarti keamanannya pun minim.

Ya, kalau untuk bersantai sambil minum  es dan makan Pop Mie saya rasa cukup menyenangkan, terlepas dari pemandangan pantai yang terhalang. Lagipula cukup murah karena gratis dan cukup dekat daripada  ke Pantai Bandengan, hehe.  Semoga kedepannya Pantai Teluk Awur di Jepara lebih dikelola dengan baik dengan mempertimbangkan keindahan, ciri khas dan estetika.

teluk awur jepara
Foto diambil pada 1 Oktober 2016 (kunjungan ke-2)

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih