Swift

Pantai Karang Jahe Rembang : Deretan Cemara di Tepi Pantai

karang jahe beach rembang
Pantai Karang Jahe Rembang

Mumpung dapat libur hari raya lumayan panjang, maka harus benar-benar dimanfaatkan, tentunya untuk silaturahim ke sanak saudara dan sesepuh. Karena masih ada sisa-sisa hari libur, langsung saja saya manfaatkan untuk liburan. Karena sudah sering berjalan ke barat atau ke daerah Jepara, saya pun memutuskan untuk menjelajah ke timur, tepatnya ke Rembang. Rembang adalah kabupaten di jalur pantura yang berada di pesisir, berbatasan langsung dengan Laut Jawa, makanya punya pantai.

Ada satu tempat wisata pantai di Rembang yang sedang menjadi perbincangan, yakni Pantai Karang Jahe Rembang atau yang diperkenalkan dengan Karang Jahe Beach. Sebetulnya saya pun tidak tahu kenapa pengelola memperkenalkan pantai ini dalam Bahasa Inggris, padahal nama "karang" dan "jahe" sangat tradisional dan Indonesia banget. Karang Jahe Beach atau yang disingkat KJB seolah menjadi ikon, karena di setiap bangku di tepi pantai tertulis singkatan KJB. Pemilihan kata beach mungkin biar bisa dikenal di dunia Internasional, semoga benar bisa go-internasional. Amin.. Abaikan masalah sepele yang melintas di otak bebal saya, langsung saja lanjut mengenai Karang Jahe.

Alamat Pantai Karang Jahe Rembang yaitu berada di Desa Pulunharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Aksesnya pun cukup mudah karena berada di jalur pantura, yakni di jalan Rembang - Lasem KM 7.5. Untuk menemukan pantai ini tidak susah, karena sudah ada papan penunjuk ke arah kiri jika dari barat (Kudus / Pati) atau arah utara menuju ke SMK Umar Fatar. Jalan perkampungan ini sebagian beraspal dan sebagian masih jalan tanah.

Jika dari Kudus, kira-kira memakan waktu 2 jam dengan kecepatan dan perjalanan normal. Saya berangkat dari rumah pukul 10.00 WIB dan sampai di pantai tepat pukul 12.00 WIB. Tetap  hati-hati di jalan, karena di jalan pantura biasanya banyak truk atau bis dan mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi. Apalagi jalannya cor beton dan pinggirnya adalah aspal. Ada perbedaan tinggi permukaan cor dan aspal yang saya pikir cukup berbahaya. 

Jam 12 sampai Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe Rembang punya pesona yang indah. Selain pasir putihnya yang lembut, pantai ini pun rupanya dihiasi ribuan pohon cemara yang tumbuh teratur di tepi pantai. Pohon cemara tersebut berderet rapi seolah berbaris menghadap laut. Selain itu, garis pantai ini pun cukup panjang sehingga banyak spot tersedia untuk menikmatinya. Biasanya di ujung paling sepi, dan yang paling ramai pengunjung berada di tengah atau di areal bermain.

gambar pantai karang jahe
Areal parkir Karang Jahe Beach

Saat saya datang ke sini pada 9 juli 2016 kemarin, pengunjungnya berjubel karena memang bertepatan dengan hari libur lebaran. Untuk memasuki pantai ini, cukup dikenakan tarif parkir saja, untuk kendaraan sepeda motor roda dua Rp 5.000. Murah, bukan? karena tidak ada tiket masuk lagi. Setelah memarkirkan kendaraan langsung saja kami masuk ke areal pantai. Wah, pengunjungnya sudah memadati area di bawah pohon cemara. Kebanyakan dari mereka menggelar tikar dan duduk bersantai sambil menikmati kelapa muda. Saya yang waktu itu datang berdua dengan teman nge-trip saya (Rudi) pun hanya berjalan-jalan menuju ujung mencari celah tempat adem di bawah pohon cemara. Setelah dapat, langsung duduk beralaskan sandal, membuka bekal snack yang dibeli di toko -maret sebelum sampai pantai. Kami duduk memandangi pantai dengan deburan ombak yang tenang, dan pengunjung yang bermain ATV. Heuheu, pengen main tapi antrinya ... menyebalkan.

Ternyata banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini, antara lain:

  • Berenang. Jelas Anda bisa berenang dengan tenang, karena ombaknya yang tenang. Jika tidak bisa berenang, Anda bisa menyewa ban.
  • Bermain Perahu Karet. Banyak orang yang menyewakan perahu karet beserta dayungnya. Ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai di atas perahu dan belajar mendayung.
  • Bermain ATV. Yups, salah satu yang paling laris di sini adalah penyewaan ATV yang diberi tarif cukup murah, yakni Rp 20.000 / 15 menit. Anda harus sabar mengantri karena banyak peminatnya.
  • Naik Dokar. Seperti di Pantai Parangtritis, di sini Anda juga bisa berkeliling pantai dengan naik dokar. Pasti asik.
  • Naik Perahu. Menurut info yang saya dapatkan, perahu ini akan membawa Anda ke tengah laut, tepatnya ke Karang Jahe. Tarif naik perahu ini pun cukup murah, yakni Rp 10.000 (PP)
  • Mandi Bola untuk Anak-anak. Jika anak Anda enggan menceburkan diri ke laut, tentunya fasilitas mandi  bola ini dapat jadi alternatif yang tepat.
  • Foto-foto. Jelas aktivitas ini hukumnya sudah mendekati wajib, hehe.
  • Menikmati Sunset. Kalau mau lihat sunset, di sini pun bisa. Dan saya yakin pemandangannya bagus, bisa foto-foto siluet gitu.

atv di karang jahe
Bermain ATV di Pantai Karang Jahe

Fasilitas di Pantai Karang Jahe Rembang ini pun sudah cukup lengkap. Di sini sudah tersedia kamar mandi, tempat  bilas, area parkir yang cukup luas dan mushala. Di sini juga berdiri warung-warung makanan dan toko cinderamata. Tersedia juga toko baju dan celana, jika ingin berenang tapi tidak membawa baju ganti. Pokoknya sudah lengkap, deh. Hanya saja mushalanya masih kecil, tempat sampahnya juga kurang banyak. Alhasil banyak sampah yang berserakan. Banyak pula sampah di tepi pantai yang terbawa ombak pasang. Sampah ini bikin pemandangan jadi jelek. Kesadaran pengunjung harus ditingkatkan betul agar ikut menjaga kebersihan. INI PENTING!

karang jahe beach
Pasir Putih Pantai Karang Jahe
Tipsnya yang ingin datang ke sini, lebih baik berangkat pagi biar sampai pantai masih banyak tempat adem yang tersisa. Oh iya, di sini ada peraturan jam kunjungan juga, loh, pokoknya pagi sampai jam 18.00 WIB. Datang ke sini bersama keluarga pun asyik, Anda bisa gelar tikar di bawah pohon, dan bawa perbekalan sendiri. Jika tidak, bisa beli di warung di sekitaran lokasi pantai. Yang jualan pun beragam.

alamat pantai karang jahe
Loh, mobilnya kok bisa masuk pantai?

Langsung saja masukin Pantai Karang Jahe Rembang di list wisata Anda. Nikmati keindahan pantai pasir putih di bawah rindangnya pohon cemara. 

pantai di rembang
Sobih gue posenya kayak sedang berusaha ninggalin kenangan EAAA!
foto pantai karang jahe
Temen traveling gue

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih