Swift

Curug Omas Lembang Bandung

Curug Omas Bandung (c) deviantart.net

Curug Omas Lembang Bandung ini termasuk di dalam Maribaya. Tepatnya curug ini berada di dalam Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda. Curug yang masuk ke dalam kawasan wisata maribaya ini terletak di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya sekitar 21 KM dari Bandung. Jika dari Lembang berjarak sekitar 7 KM. 

Curug Omas Lembang Bandung ini memiliki ketinggian 30 meter dan mempunyai kedalaman 10 meter. Curug ini pun berada di aliran Sungai Cikawari. Yang unik dari curug ini adalah di atas curug terdapat sebuah jembatan yang dapat digunakan wisatawan untuk melintas sehingga dapat melihat air terjun dari atas. Pasti pemandangan curug dari atas akan lebih bagus dan tidak dijumpai di tempat wisata air terjun lainnya. Dari jembatan tersebut Anda dapat melihat sungai yang mernupakan pertemuan dua aliran sungai yaitu Sungai Cikawari dan Sungai Cigulun. Nantinya menjadi daerah Aliran Sungai (DAS) Cikapundung Hulu yang alirannya akan berbelok dan membelah kawasan Tahura. 

Rupanya tidak hanya curug Omas saja yang memikat, ternyata di sekitar lokasi ini terdapat curug lain yang juga terkenal memiliki pemandangan yang indan dan masih dalam satu aliran sungai. Curug-curug tersebut adalah Curug Cigulung, Curug Cikoleang, Curug Dago, dan Curug Cikawari yang tingginya tidak terlalu tinggi yaitu 14 meter hingga 16 meter. Tiga curug tersebut biasa juga dibseut dengan Cuurg Maribaya. Ternyata masih ada lagi satu curug yang tidak jauh dari Omas yakni Curug Lalay. Bisa dikatakan jika Anda berkunjung ke Omas, Anda bisa mengunjungi curug lain atau jika kata peribahasa, sekali dayung dua, tiga pulau terlampaui. Kali ini bisa diplesetkan, sekali berkunjung dua, tiga curug dapat dijelajahi. Hehe.

curug omas
Curug Omas (c) maribayabandung.com

Sayang sekali saat berada di Omas, Anda tidak diperbolehkan mendekat guna mandi atau sekadar menikmati kesegaran airnya. Terdapat pagar besi yang mengelilingi dan melindungi kawasan tersebut. Ini dikarenakan karena curug ini cukup berbahaya karena terdapat banyak batu, selain itu airnya pun cukup dalam. Namun jangan khawatir jika ingin melihat curug di bawah, Anda bisa menuruni tangga-tangga di sebelah kanan jembatan. Di ujung tangga di sebelah kanan terdapat jembatan yang biasa digunakan wisatwan melihat curug lebih dekat.

Sebenarnya fasilitas di kawasan wisata Curug Omas Lembang Bandung ini cukup lengkap, tapi banyak fasilitas yang terbengkalai dalam kondisi rusak dan tidak layak seperti tangga, panggung terbuka, tempat istirahat dan lain-lain. Di sekitar air terjun juga terlihat beberapa  sampah. Kedepannya lokasi curug yang menawan ini dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah pun pengujungnya dapat juga ikut menjaga dan merawatnya.

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih