Swift

Berwisata ke Vihara Vipassana Graha, Wisata Kuil Ala Thailand

vihara vipassana graha bandung
Vihara Vipassana graha (c) yogadibandung.wordpress.com

Bosan berwisata ke kawasan wisata di Lembang? Anda dapat mengunjungi Vihara Vipassana Graha yang juga berada di Lembang. Vihara ini adalah vihara Buddha Theravada yang cukup terkenal di Lembang. Tidak hanya warga penganut agama Buddha saja yang datang berkunjung untuk beribadah, namun warga lintas agama pun datang untuk berwisata dan mengagumi keindahan bangunan vihara yang indah selaiknya di vihara-vihara di negeri gajah putih, Thailand. 

Sebenarnya tidak susah untuk menuju ke vihara ini. Apalagi sekarang ada teknologi GPS yang dapat membantu Anda menemukan lokasi dengan mudah. Rute yang harus Anda tempuh dari pusat Bandung, Anda harus mengikuti Jalur ke Lembang, kemudian mengambil jalur ke Sapu Lidi. Dari Sapu Lidi, sudah terlihat kok bangunan vihara tersebut. 

gambar Vihara Vipassana Graha
Gajah Putih di Vihara Vipassana Graha (c) tripsantai.com


Jika sedang berada di kawasan Vihara Vipassana Graha Anda pasti akan lupa jika masih menjejakkan kaki di Indonesia khususnya di Lembang Bandung. Anda pasti mengira kalau Anda sedang berada di Thailand. Tentu Anda pernah melihat vihara-vihara Thailand lewat film-film dan serial yang pernah ditayangkan di layar kaca Indonesia, viharanya mirip dengan vihara yang berada di Lembang ini. Pokoknya indah. Anda dapat berfoto ria di spot-spot menarik yang menampilkan arsitektur vihara yang mempesona.

Yang unik di sini Anda bisa melakukan ramalan dengan tata cara yakni mengitari bangunan utama vihara, kemudian harus menaruh koin logam pada tempat-tempat yang sudah disediakan. Jika sudah melakukan putaran penuh, Anda bisa mengambil ramalan sesuai dengan koin yang tersisa di tangan atau wadah yang Anda gunakan. Sebelum mengitari vihara tadi, Anda bisa mengambil koin dan menimbangnya terlebih dahulu, untuk bekal mengitari vihara.

Vihara Vipassana Graha lembang
Vihara Vipassana Graha (c) staticflickr.com


Di dinding-dinding bangunan vihara ini juga terdapat relief-relief yang menceritakan tentang penyiksaan di neraka. Penyiksaan tersebut sesuai dengan dosa-dosa yang sudah dilakukan ketika hidup di dunia. Cukup ngeri dan dapat mengingatkan kita terhadap dosa-dosa yang sudah kita lakukan.  Relief juga terdapat di bangunan utama di bagian atas yang menceritakan perjalanan Sang Budha dari kecil hingga menjadi Buddha. Anda bisa mengambil cukup banyak pelajaran agama dan budaya saat berkunjung ke vihara ini. Jika di Thailand terdapat patung Buddha tidur, di sini juga ada loh. Tapi ukurannya tidak sebesar yang ada di Thailand.  

Karena berada di Lembang, udara  di Vihara Vipassana Graha cukup sejuk. Anda akan betah berlama-lama di sini. Apalagi yang hobi banget buat foto dan bernarsis ria. Tunggu apa lagi jika ingin ke Thailand tapi minim budget, segera saja ke sini, sama saja kok.

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih