Swift

Berwisata ke Masjid Turen Malang, Masjid yang Katanya Dibangun Jin

masjid turen malang

Malang ternyata juga punya destinasi wisata religi yang cukup terkenal, ya Masjid Turen Malang. Masjid yang berdiri di tengah-tengah pemukiman cukup padat ini juga sering disebut Masjid Tiban dan Masjid Jin. Masjid yang juga adalah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah ini berada di KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur. 

Pada tanggal 30 April 2016 lalu saya bersama rombongan ziarah berkesempatan mengunjungi masjid megah tersebut. Memang masjid yang berada di Kecamatan Turen ini cukup terkenal dan menjadi tujuan wisata andalan. Pantas saja pengunjungnya ramai. 

masjid turen malang

Setiap hari banyak orang yang mengunjungi masjid ini. Memang arsitektur masjid Turen Malang cukup unik, yakni bergaya Timur Tengah kombinasi China dan Modern yang didominasi warna biru dan putih. Bangunan masjid ini cukup besar yang terdiri sampai sepuluh laintai ini dihiasi dinding menara-menara yang cukup banyak. 

Jika mengunjungi masjid ini menggunakan kendaraan roda empat (mobil) dan roda dua dapat memarkirkannya di parkiran masjid, namun jika menggunakan bis harus memarkirkannya di tempat parkir yang sudah di sediakan yang cukup jauh dari lokasi masjid karena berada di pinggir jalan raya. Tenang saja, meski nantinya akan menempuh perjalanan yang lumayan, akan terbayar lunas saat berada di Masjid yang bisa dibilang super megah ini. Siapa sih yang tidak tertarik dengan arsitektur unik masjid ini. Selain itu, udara di sini cukup sejuk dan cukup adem karena masih banyak pohon yang rindang di sekitar masjid, bahkan beberapa pohon kelapa dibiarkan tetap tumbuh meski batangnya sangat dekat dengan bangunan masjid.

masjid turen malang

Asal Usul Masjid Turen Malang


Banyak yang percaya bahwa pembangunan masjid ini dilakukan oleh pasukan jin dalam waktu semalam, namun anggapan itu dibantah oleh “orang dalam” yang menyatakan bahwa masjid dan pondok ini dibangun oleh santri dan jamaah. Namun isu tersebut bukan tanpa sebab, karena masyarakat sekitar mengaku tak pernah tahu ada aktivitas pembangunan masjid tersebut, bahkan warga tidak dilibatkan. Konon masjid dan pondok tersebut dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kyai Haji Ahmad bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, yang juga biasa disapa Romo Kyai Ahmad.

masjid turen malang

Hal-hal Unik dari Masjid Turen Malang


Karena banyaknya wisatawan setiap harinya banyak pedagang yang mencari rejeki di sepanjang jalan menuju masjid tersebut. Karena banyaknya pedagang tersebut menjadi selayaknya pasar atau pusat oleh-oleh bagi wisatawan. 

Bangunan masjid yang megah dengan gaya arsitektur Timur Tengah tersebut ternyata bukan hasil dari rancangan seorang arsitektur profesional, melainkan hasil istihkarah pemilik pondok. Pengunjung akan mendapati hal-hal yang tak pernah didapati di masjid lain seperti : ruang akuarium dengan koleksi ikannya, kolam renang, kolam ikan, tempat monyet dan deretan toko di lantai atas. Toko-toko yang menjajakan berbagai jenis kebutuhan ini sudah selayaknya mall. Karena bangunan cukup besar, wisatawan bisa juga dibuat bingung, tapi jangan khawatir karena banyak penunjuk jalan yang terpasang. Selain itu terdapat beberapa toilet di setiap lantainya, sebagai fasilitas bagi wisatawan. Arsitektur dalam masjid juga unik. Di beberapa ruangan didominasi warna emas berkilat yang memberikan kesan megah. 

keajaiban masjid turen malang


Di lantai atas (saya lupa lantai berapa) terdapat semacam kebun binatan mini, namun sayang hewan yang tersisa hanya monyet saja. Kebun binatang ini berada di luar ruangan. Dari lantai atas ini kamu bisa melihat pemukiman warga yang cukup padat di sekitar masjid.  Menjadi pengalaman yang luar biasa dapat merasakan dan mengagumi secara langsung kemegahan masjid yang katanya dibangun oleh jin ini. Namun sekali lagi, masjid ini bukan dibangun oleh jin,  tapi oleh para santri dan jamaah masjid. 

Dengan mengunjungi Masjid Turen Malang ini dapat menambah ketaqwaan kepada Allah. 


masjid turen malang


keunikan masjid turen malang


You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih