Swift

Cara Menampilkan Postingan Berdasarkan Label

Contoh Postingan Berdasarkan Label pada web Penerbit Reybook

Pasti Anda pernah menemukan suatu blog atau website yang di sidebar atau footernya terdapat beberapa judul postingan dengan label tertentu. Judul postingan ini sudah dikelompokkan sedemikian rupa sehingga memudahkan orang yang akan mengakses blog/web untuk menemukan informasi dan artikel lainnya sesuai dengan topik atau dalam hal ini biasanya dikategorikan dalam label. Dan pada tutorial cara menampilkan postingan berdasarkan label kali ini akan membocorkan caranya.

Memang bagi orang yang suka banget mengutak-atik blog, khususnya bagi pemula seperti saya yang masih belum paham dengan kode html atau apalah itu merasa bingung dan takut jika nantinya blognya malah amburadul, kocar-kacir dan malah rusak. Tenang saja tutorial cara menampilkan postingan berdasarkan label berikut ini sangat mudah, bahkan tidak memerlukan pemahaman html dan mengubah atau menambah kode pada template yang memang riskan sekali menjadikan blog rusak. Dalam tutorial kali ini akan menyajikan cara yang lebih sederhana, hanya dengan menambahkan widget saja dan mengganti beberapa kode yang tentunya sangat mudah untuk dipraktekkan bagi pemula yang benar-benar buta pada kode html.

Lalu apa yang harus Anda siapkan untuk membuat tampilan sidebar atau footer denga deretan jduul postingan sesuai label? Berikut adalah tutorial sederhananya:

1. Login terlebih dahulu ke blog Anda.
2. Masuk ke halaman "Tata Letak"



3. Tambahkan widget dengan cara klik "Add Widget / Tambahkan Gadget"

4. Pilih gadget atau widget yang "HTML/JavaScript"
5. Masukkan kode di bawah ini:
<script>
    var numposts = 70;
    var standardstyling = true;
    </script>
    <script src="http://kucopas-js.googlecode.com/files/DaftarIsiByLabel.js" type="text/javascript"></script>
    <div style="border: 1px solid #cccccc; height: 300px; overflow: auto; padding: 5px; width: auto;">
    <ul><script src="http://www*penerbitreybook*com/feeds/posts/default/-/artikel?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showrecentposts&amp;max-results=999"></script> </ul>
    </div>

6. Ganti kode yang dicetak merah dengan menyesuaikan kondisi blog dan keinginan Anda. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • var numpost = 70 adalah jumlah judul postingan yang akan muncul atau ditampilkan
  • height : 300px adalah tinggi kotak gadget yang akan ditampilkan
  • www*penerbitreybook*com adalah alamat web Anda
  • artikel adalah judul label yang ingin Anda tampilkan

7. Setelah itu klik "Simpan / Save"
8. Jalankan blog Anda dan gadget atau widget untuk menampilkan postingan berdasakan label sudah jadi.

Dengan cara menampilkan postingan berdasarkan label ini,blog Anda akan lebih terlihat ramai dan bisa memudahkan orang yang sedang akses blog Anda untuk menemukan artikel yang dicari. Selain itu ini juga bertujuan untuk memperlihatkan artikel-artikel dengan kategori tertentu sehingga membuat orang yang sedang mengakses blog Anda penasaran dengan postingan lainnya, sehingga bisa berlama-lama berselancar di blog Anda.

Bagaimana? mudah bukan?

You Might Also Like

5 komentar

  1. Terima Kasih, artikelnya sangat membantu!!!

    ReplyDelete
  2. ilmunya di coba di blog saya ko ngga bisa muncul ya
    cek www.jobsinfo.web.id

    ReplyDelete
  3. saya juga ga bisa ya https://www.dokterfilterair.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih