Swift

Awas Ketagihan Berwisata ke Umbul Sidomukti Semarang

gambar umbul sidomukti semarang
Umbul Sidomukti Semarang via : wego.co.id

Semarang mempunyai banyak pesona yang laik dikunjungi. Sebagaimana kawasan wisata alam satu ini, ya, Umbul Sidomukti Semarang. Sebuah kawasan wisata alam yang terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Akses menuju kawasan wisata ini tidak bisa dilalui bis berukuran besar, karena dari jalan utama menuju ke area wisata terlalu sempit dan terdapat beberapa tanjakan curam. Perlu kondisi kendaraan yang baik saat mengunjungi wisata alam yang cukup lengkap ini.

Fasilitas wisata di sini yang terkenal adalah kolam renang yang didesain alami, yakni dari batu-batu alam yang berjumlah empat kolam yang bertingkat sesuai dengan kedalamannya. Air kolam renang ini bersih dan dingin, karena memang berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut yang langsung berada di tepian jurang. Berenang di sini seperti berenang di atas awan. Anda akan disuguhkan pemandangan alam pegunungan yang asri dan menakjubkan.


Selain kolam renang Umbul Sidomukti juga terdapat fasilitas permainan lain seperti flying fox yang mempunyai panjang lintasan 110 m dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah adalah 70 m. Flying fox dengan lintasan cukup pajang ini meintasi lembah yang  cukup dalam, adrenalin Anda akan benar-benar terpacu hebat. Selain itu, Anda juga dapat menjajal wahana permainan jembatan tali yang berada di bawah flying fox yang juga melintasi lembah yang bernama Marine Bridge. Jembatan ini cukup populer dan menantang adrenalin. Kemanannya cukup lengkap karena saat menyebrangi jembatan tali yang berbentuk jarin-jaring Anda juga dikaitkan pada tali pengaman. Tips saat melintasi jembatan mengerikan ini adalah tetap tenang dan jika takut ketinggian jangan menengok ke bawah. Selain itu banyak juga wahana permainan lain yang juga menantan, seperti ATV dan Higest Triangle yang terdiri dari Magic Box, Badui Bridge, stick Bridge dalam satu paket perjalanan menantang. Untuk anak-anak juga tersedia mini outbond. 
gambar umbul sidomukti semarang
Flying Fox di Umbul Sidomukti Semarang via : dok pribadi


Umbul Sidomukti Semarang juga menyediakan fasilitas trekking bagi event tertentu yang sebelumnya sudah menghubungi pihak pengelola. Jika berlibur bersama keluarga, Anda juga dapat bersantai di gazebo-gazebo di sekitaran lokasi. Tempat wisata ini juga dilengkapi toilet umum dan mushala. 

Jalan menuju Umbul Sidomukti dapat ditepuh dari pusat Kota Semarang menuju ke arah Solo, namun saat sampai di SPBU Lemah Abang di sisi kiri jalan, Anda berbelok ke kanan yaitu menuju ke arah kecamatan Bandungan hingga sampai di pasar Jimbaran. Di sisi kanan jalan, ada gang yang juga terdapat petunjuk arah Umbul Sidomukti Semarang, ikuti saja jalan kecil tersebut dan turuti beberapa petunjuk arahnya. Jalannya memang sempit dan banyak tikungan tajam dan tanjakan curam.

Lahan parkir yang tersedia  di sini cukup luas. Dari pintu masuk loket, Anda harus berjalan untuk dapat menuju ke kolam renang. Di sepanjang perjalanan, mata Anda akan termanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan, yang tidak Anda temui di kota besar.

marine bridge umbul sidomukti semarang
Marine Bridge Umbul Sidomukti Semarang via  dok. pribadi

You Might Also Like

0 komentar