Swift

Menikmati Keindahan Candi Gedong Songo Ungaran Semarang

gambar candi gedong songo semarang
Candi Gedong Songo via visualmemori.wordpress.com

Bandungan merupakan kawasan wisata Andalan di Ungaran, Semarang. Kawasan lereng gunung ini mempunyai udara sejuk dan dingin. Panorama alamnya pun indah. Selain itu aksesnya juga mudah. Salah satu yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Candi Gedong Songo Ungaran. Seperti namanya, candi di komplek wisata ini berjumlah sembilan yang jarak antar satu candi dengan yang lainnya saling berjauhan. Maka dari itu, saat mengunjungi lokasi ini perlu daya tahan tubuh yang kuat, karena akan menyusuri perjalanan naik turun karena berada di dtaran tinggi.

Lokasi Candi Gedong Songo di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Komplek candi ini berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut. Maka dari itu suhunya terbilang dingin dan sejuk. Panorama alamnya masih asri dan indah. Komplek candi ini sudah dikelola dengan baik. Selain akan menjumpai candi yang berukuran terbilang kecil, mata Anda akan dimanjakan dengan set taman-taman yang cantik. Saat perjalanan menyusuri candi pun tidak akan merasa bosan. Terkadang juga akan turun kabut putih di kawasan tersebut. Jika Anda tidak ingin berjalan kaki, Anda dapat menunggang kuda yang juga punya jalan sendiri, dibedakan dengan pejalan kaki. Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Selain wisata candi, tempat ini menyimpan sumber air panas belerang yang letaknya berada di antara candi tiga dan empat. Anda harus turun ke bawah sebelum mencapai ke candi empat.  Anda dapat relaksasi atau mandi dengan air belerang yang katanya berkhasiat mengobati penyakit kulit.

tepat wisata semarang candi gedong songo
Narsis di Salah Satu Candi Gedong Songo via dok. pribadi

Menurut sejarah Candi  Gedong Songo Bandungan yang pertama kasih menemukan candi ini adalah Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1740 M. Namun pada waktu itu hanya ditemukan sebanyak 7 candi saja yang diberi nama Candi Gedong Pitu. Pada tahun 1908 – 1911 arkeolog Belanda Van Stein Callenfels melakukan penelitian di komplek candi tersebut dan dalam waktu tiga tahunan ditemukanlah dua candi yang letaknya tidak jauh dari candi sebelumnya. Karena jumlahnya sembilan maka dinamakan Candi Gedong Songo.


Dari pusat Kota Semarang menuju komplek candi ini berjarak sekitar 45 KM, sedangkan dari Ungaran berjarak sekitar 25 KM. Jika Anda dari Ambarawa cukup dekat yakni menempuh jarak sekitar 15 KM lagi akan sampai. Lokasi candi Gedong Songo Ungaran layak Anda jadikan tepat berlibur bersama keluarga. 
gambar candi gedong songo
Komplek Wisata Candi Gedong Songo via dok. pribadi

wisata candi gedong songo semarang
Di Bawah Sana Sumber Air Panas Belerang via dok. pribadi

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih