Swift

Asyiknya Mengenal Sejarah Rokok di Museum Kretek Kudus

Gambar Museum Kretek Kudus
Bangunan Utama Museum Kretek
dok. penulis

Rokok ternyata punya museum sendiri, namanya Museum Kretek. Sejarah rokok tersimpan apik di dalam museum yang diklaim menjadi museum kretek satu-satunya di Indonesia, bahkan di Dunia. Areal museum yang berada di lahan seluas 2 hektar di jalan Getas Pejaten No 155 kecamatan Jati ini diresmikan pada tanggal 13 Oktober 1986 oleh Soeparjo Rustam, Gubernur Jawa Tengah masa itu.
Di bangunan utama Museum Kretek menyimpan 1.195 koleksi mengenai sejarah rokok. Memasukki bangunan utama museum, kita disambut patung-patung berbentuk manusia yang menunjukkan proses membuat rokok kretek. Patung-patung itu berada di tengah-tengah ruangan. Selain itu, di sisi pojok kiri, terdapat patung Niti Semito dan ruangannya. Di dalamnya ada benda pribadi millik Niti Semito, foto, dan meja kursi bergaya lawas.

Niti Semito memegang peranan penting dalam perkembangan rokok di Kudus. Yakni pesatnya perkembangan rokok merek “Bal Tiga” yang diproduksinya. Sejarah mengakui masa kejayaan Niti Semito waktu itu. Sedangkan sejarah rokok kretek bermula dari sosok H. Jamhari yang mengidap penyakit dada. Dia mencoba mengoleskan minyak cengkeh pada dada dan punggungnya. Kemudian mencoba dengan cara lain, yakni cengkeh yang sudah dirajang dicampur dengan rempah dan ia linting menjadi batang rokok. Rokok kretek yang dibakar dan dihisap menghasilkan bunyi kretek-kretek. Dari situlah rokok dikenal dengan nama Kretek.

museum kretek
Meja dan Kursi Kuno di Ruang Niti Semito
dok. penulis

Museum Kretek juga mempunyai dua diorama tiga dimensi di sisi kiri dan kanan dalam bangunan utama. Yang pertama adalah diorama proses pembuatan rokok kretek jaman dahulu yang masih tradisional, yakni ditandai dengan bungkus lintingan rokok yang masih menggunakan klobot dan prosesnya yang tradisional. Diorama yang kedua mengisahkan proses pembuatan rokok menggunakan alat bantu giling, yang dikerjakan oleh manusia. Beberapa jenis rokok bahkan sudah dikerjakan mesin.

Macam-macam tembakau, cengkeh dan saus pun dimiliki museum kretek dari berbagai kualitas dan asal daerahnya. Selain itu, museum kretek juga menampilkan bentuk promosi rokok dari masa ke masa. Museum Kretek juga menyimpan bungkus rokok dari jaman dahulu hingga sekarang. Foto tokoh-tokoh penting dalam sejarah rokok juga terpajang rapi di dalam museum. Terdapat pula alat-alat produksi rokok dari masa ke masa yang masih bisa digunakan.

museum rokok kudus
Seorang Pengunjung Sedang Mengamati
Koleksi Kemasan Rokok dari Masa ke Masa
dok. penulis
Selain memiliki bangunan utama yang menyimpan koleksi, Museum Kretek juga mempunyai beberapa fasilitas penunjang, yakni rumah adat kudus, beserta sumur dan tempat mandi khas Kudus yang terletak di sebelah timur laut bangunan utama. Selain itu, di sebelah utara bangunan utama ada mini bioskop yang memutar film 3 Dimensi. Di belakang bangunan utama Museum Kretek berdiri areal bermain outbond dan waterboom. Tersedia pula taman bermain anak di taman depan museum. Tak lupa kantin dan tokok souvenir hadir di areal Museum Kretek.

Waktu operasional Museum Kretek setiap hari, dari pukul 07:30 WIB hingga16:30 WIB


Tiket masuk Rp 2.000, tidak termasuk wahana lain, seperti waterboom dan mini bioskop.

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih