Swift

Benteng Portugis Jepara, Wisata Pantai Jepara yang Berbeda

gambar benteng portugis jepara

Jepara memiliki banyak wisata pantai. Beberapa yang terkenal adalah Pantai Kartini Jepara dan Pantai Bandengan (Pantai Tirta Samudra). Namun ada juga wisata pantai yang unik, karena di lokasi tersebut terdapat sebuah benteng sebagai saksi bisa perjuangan masa lampau. Tempat wisata tersebut bernama Benteng Portugis Jepara.  Benteng tua ini berada di tepi laut di Kecamatan Keling. Jaraknya sekitar 60  Km dari pusat Kota Jepara. Dapat ditempuh kira-kira dalam waktu 1,5 jam.  Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Pati bagian utara. Maka dari itu dapat ditempuh dari Kabupaten Pati ataupun Kabupaten Jepara.

Benteng itu sendiri berada di atas bukit di tepi laut. Bangunannya terdiri dari dinding dengan lebar 2-3 meter. Derdapat beberapa meriam pula yang langsung menghadap ke laut. Jika berada di atas bukit, Anda akan disuguhi pemandangan birunya laut yang indah. Batu-batu besar yang terkikis ombak di tepi laut pun menambah keindahannya. Tak perlu khawatir cuaca panas, karena masih banya pepohonan yang tumbuh rindang di atas bukit, dan di sekitaran lokasi wisata Benteng Portugis Jepara. Tepat di seberang laut di depan benteng, terdapat pulau yang terlihat sangat dekat, pulau tersebut adalah Pulau Mandalika.

Saat mengunjungi tempat wisata Jepara ini, Anda dapat mengelilingi bukit beteng, berfoto di atas batu besar di tepi laut atau sekedar bermain air di pantainya. Namun dihimbau untuk tidak berenang, karena ombaknya cukup tinggi. Anda juga dapat duduk-duduk santai di beberapa gazebo yang disediakan. Untuk hiburan anak kecil pun disediakan tempat bermain yang nyaman.

Saat perut mulai keroncongan, Anda dapat mampir ke salah satu warung makan yang menyediakan beragam menu. Lokasi wisata ini biasa ramai di hari minggu dan hari libur nasional. Jika hari-hari biasa cukup sepi, karena letaknya pun harus masuk ke jalan kampung dari Jalan Raya Keling-Kelet (Jalan Jepara-Pati).

Tiket masuk Benteng Portugis Jepara


Biaya tiket masuk yang dikenakan pun cukup murah, yakni:

  • Hari Senin-Jumat              : Anak-anak (Rp 1500), Dewasa (Rp 2500)
  • Hari Sabtu, Minggu dan Libur : Anak-anak (Rp 2000), Dewasa (Rp 3500)
  • Event Khusus atau Syawalan : Anak-anak (Rp 7000), Dewasa (Rp 8000)

Biasanya jika ada event khusu atau syawalan akana da hiburan yang disuguhkan seperti panggung musik dangdut dan lain-lain. Event seperti ini akan menyedot lebih banyak wisatawan dariapda hari biasanya.


Biaya karcis parkir sepeda motor Rp 1000, untuk mobil Rp 3000, sedangkan minibus Rp 5500, dan bus besar Rp 12500.

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih