Swift

Vihara Buddhagaya Watugong Semarang

vihara buddhagaya watugong semarang, wisata semarang, wisata jawa tengah
Pagoda Avalokitesvara

Vihara Buddhagaya Watugong diresmikan di tahun 2006. Bangunan yang terkenal di kompleks Vihara Buddhagaya adalah Pagoda Avalokitesvara (Metta Karuna) yang tercetat di MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Vihara Buddhagaya Watugong terletak 45 menit dari pusat Kota Semarang.


Pagoda Avalokitesvara memiliki tinggi 45 meter dengan 7 tingkat, yang bermakna bahwa seorang pertapa akan mencapai kesucian dalam tingkat ke tujuh. Bagian dalam pagoda berbentuk segi delapan dengan ukuran 15x15 meter. Di dalam Pagoda terdapat Buddha Rupang yang besar. Patung Dewi Kwang Im (Dewi Welas Asih) terdapat di tingkat kedua hingga ke enam yang menghadap empat penjuru mata angin. Tujuannya agar sang dewi memancarkan kasih sayangnya ke segala arah mata angin.

Pada tingkat ke tujuh terdapat patung Amitaba, yakni guru besar para Dewa dan manusia. Di areal Vihara juga terdapat bangunan Dhammasala yang terdiri dari dua lantai. Lantai dasar digunakan sebagai ruang aula serbaguna yang luas, sedang lantai atasnya untuk ruang Dhammasala. 

Pada bagian tembok pagar di sekeliling Dhammasala  terdapat relief yang menceritakan tentang Paticasamupada. Selain itu. Di sebelah Bangunan Dhammasala terdapat cotage untuk para tamu menginap.
vihara buddhagaya watugong, wisata semarang
Patung Budha di dalam Pagoda Avalokitesvara

Vihara Buddhagaya Watugong
Dhammasala

Vihara Buddhagaya Watugong Semarang
Bagunan Dhammasala

Pagoda Avalokitesvara
Dewi Kwang Im di Pagoda Avalokitesvara


Pagoda Avalokitesvara
Patung Budha di Depan Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara
Pagoda Avalokitesvara

Cotage 
*) Foto adalah dokumentasi pribadi

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan jejak komentar, kesan ataupun saran. Sehingga dapat menjadi pelajaran untuk menyempurnakan tulisan, maupun desain blog ini. Komentar Anda adalah semangat saya ^_^ Terima kasih