Swift

Pantai Empu Rancak – Wisata Kuliner di Tepi Pantai

Pantai di Jepara, Pantai Empu Rancak
Pantai Empu Rancak

Akses menuju Pantai Empu Rancak cukup mudah, meski jalan dari gapura utama cukup jelek, karena merupakan jalanan perkampungan. Dari pertigaan lampu lalu lintas Mlonggo belok kiri (dari Kota Jepara) atau dari kanan (dari Tayu) menuju ke arah Pantai Bondo. Sebenarnya di sepanjang jalan menuju Pantai Bondo ada beberapa gerbang menuju pantai yang lain; Pantai Blebak, Pantai Pailus, dan Pantai Bondo.


Setelah belok kiri dari gerbang  masuk ke perkampungan dengan jalan yang sedikit rusak. Jalan tersebut akan langsung membawa Anda pada pintu masuk areal pantai yang hanya sebuah portal yang dijaga warga kampung untuk membayar tiket masuk. Harga tiket masuk Rp 3000 untuk sepeda motor (18 April 2014).

Masuk kawasan pantai langsung disambut banyak sekali warung-warung makan (rata-rata menyediakan menu ikan bakar). Ya, pantai ini memang terkenal dengan wisata kulinernya. Sungguh sensasi berbeda jika menikmati ikan bakar di tepi pantai.

Sedangkan pantainya sendiri berpasir putih cukup bersih, meski belum maksimal dikelola pemda. Akan ada beberapa nelayan yang mencari ikan di laut; dengan memancing atau menebar jaring karena tidak terlalu dalam. Bibir Pantai Empu Rancak cukup panjang membentang, namun sayang garis pantainya cukup sempit, tidak seperti Pantai Bandengan yang lebar. Jadi apalagi di tepi pantainya ada rumah makan, jadi bisa dikatakan kurang cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati pantai yang luas.

Pemandangan berbeda terlihat di daratan, karena daratannya tidak dimanfaatkan sebagai tambak, seperti daratan pinggir pantai pada umunya, tapi daratannya dimanfaatkan sebagai areal persawahan. Mengunjungi Pantai Empu Rancak mendapat dua pemandangan sekaligus, pantai dan sawah.

Jika ingin mandi di laut tak usah khawatir karena sudah ada tempat bilas dan ganti baju. Di pinggir pantai ada jalan setapak memanjang. Dan di beberapa spot ditumpuhi pohon pandan berduri yang rindang. Sayang sekali, spot tersebut sering dijadika tempat berpacaran. Memang pantai ini tidak terlalu ramai (cenderung sepi) seperti Pantai Bandengan dan Pantai Kartini yang memang sudah lama dikelola oleh Pemda.


Pantai Mpu Rancak Jepara
Pandan Berduri di Pantai Empu Rancak

Pantai Empu rancak Jepara
Pantai Empu Rancak

You Might Also Like

5 komentar