Swift

7 Tips Sukses Sidang Skripsi

Gambar Via news.okezone.com
Setelah bertempur dalam penulisan skripsi yang membutuhkan banyak tenaga, waktu dan sangat menguras pikiran, langkah terakhir adalah mempertanggungjawabkan skripsi yang sudah ditulis dalam majlis sidang skripsi.

Sidang skripsi yang nantinya akan menentukan lulus atau tidaknya skripsi yang kita tulis. Bisa juga lulus bersyarat dengan beberapa revisi.

Saking pentingnya sidang skripsi kerap membuat kita stress dan tertekan. Apalagi ini adalah penentu, lulus atau mengulang semester depan. Segala pengorbanan dalam penulisan skripsi akan ditentukan di sini.

Sebenarnya apa yang terjadi tak 'seseram' yang kita bayangkan, asalkan kita tenang dan yakin bawa skripsi kita adalah hasil original kita dan tentunya kita sudah menguasai materinya. Adapun beberapa tips yang bisa saya bagi menurut pengalaman pribadi dan hasil sharing dengan teman-teman.

1. Kuasai Materi Skripsimu

gambar via miftahrizkamuna.blogspot.com
Jelas dong harus menguasai seluruh materi skripsi. Tidak mungkin skripsi yang sudah ditulis tidak paham isinya. Kecuali memang skripsi itu hasil 'beli'. Meskipun skripsi hasil 'beli' harus dikuasai materinya.
Ini kan pertanggungjawaban, penguji akan menanyakan keseluruhan tentang skripsimu, mulai dari bab 1 sampai bab 5.
Maka dari itu, di postingan sebelumnya tentang alasan skripsi tak kunjung selesai saya cantumkan tentang harus mengusai materi.


2. Kenali Karakter Dosen Penguji

gambar via plus.google.com

Mengetahui karakter dosen penguji penting agar kita bisa mempersiapkan semuanya. Misalnya dosen A, biasanya menanyakan soal Latar Belakang, maka kita bisa mempelajari tentang latar belakang dan menyiapkan jawaban yang bagus. Selain itu, jika Dosen B, keras kepala, maka kita bisa mempersiapkan belakar lagi dan mempersiapan jawaban dengan argumen yang keren.
Karakter dosen bisa diketahui dengan sharing antar teman atau senior yang sudah sidang skripsi.


3. Istirahat yang Cukup, Jangan Begadang

gambar via www.necturajuice.com
Menjaga kesehatan itu penting! Apalagi kalau besok adalah sidang skripsi. Kita biasanya terpacu untuk terus belajar. Ah, jangan pakai metode belajar kuno, yakni SKS (Sistem Kebut Semalam) udah nggak jaman. Mending kalau besok adalah hari H, malamnya cukup pelajari sedikit-sedikit saja yang dirasa perlu, sisanya tidur yang cukup. Rileks jangan stress, karena besok adalah hari penting buatmu.
Bagaimana jika besok tiba-tiba sakit, nggak lucu kan?


4. Persiapkan Materi Presentasimu dengan Baik

gambar via wolipop.detik.com
Saat sidang yang paling penting adalah materi presentasi. Siapkanlah materi yang singkat dan padat. Jangan buat dosen penguji bosan dengan materi presentasi yang bertele-tele dan panjang hingga puluhan slide, itu akan menambah nilai negatif bagimu.
Persiapkan materi presentasi yang baik, berikut peralatannya, seperti laptop. 
Dalam membuat presentasi gunakan template standar (tidak lebai) dan font yang mudah dibaca. 


5. Pakailah Pakain yang Rapi

gambar via fashionboynew.blogspot.com
Pakaian rapi akan membuatmu mendapat nilai plus dari dosen penguji. Pakaian rapi, enak dipandang, terlihat menyenangkan akan membangkitkan mood dosen penguji. Berpakaian rapi juga mencerminkan jika kamu sudah siap untuk sidang.
Bandingkan dengan orang yang berpakaian ala kadarnya, kemeja yang berantakan tidak disetrika, kesannya pasti muram, urakan dan membuat siapa saja yang melihat memberi nilai negatif.


6. Berangkat Lebih Awal dan Tetap Tenang


Berangkat lebih awal, kenali tempat ujiannya akan membuatmu lebih tenang dan santai. Sehingga saat sidang nantinya akan lebih lancar.


7. Berdoa

gambar via seteteshidayah.wordpress.com
Langkah terakhir sebelum dan sesudah sidang adalah berdoa. Berdoa berserah diri kepada pencipta, dengan semua usaha yang sudah dilakukan. Berdoa akan membuatmu lebih tenang dan yakin sidangmu berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil maksimal.


Sukses dan lulus dengan nilai memuaskan.

You Might Also Like

2 komentar