Swift

Alasan Skripsi Tak Kunjung Selesai

Skripsi adalah syarat mutlak bagi mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana, selain tertempuhnya semua SKS. Skripsi biasanya diambil di semester akhir atau mahasiswa akhir. Skripsi menjadi salah satu momok tersendiri bagi mahasiswa akhir. Perjuangan besar menulis skripsi menanti. Melihat kakak-kakak kelas yang skripsinya tak kunjung usai dan terkadang stress sendiri sudah menciutkan mahasiswa yang akan menulis skripsi.

Berikut adalah alasan skripsi tak selesai-selesai:


1. Tidak Menguasai Tema Skripsi yang Diambil


Alasan Skripsi tak selesai karena tema yang diambil sulit
kurniasarifanny.blogspot.com
Mahasiswa dalam mengajukan judul biasanya tak melihat terlebih dahulu tema itu cocok atau benar-benar dikuasai atau tidak, mereka lebih cenderung mengajukan judul yang penting ACC, padahal dalam menetukan judul harus terlebih dahulu memikirkan BAB IV skrispsi itu sendiri, yakni metode penelitian, data, dan pengolahan data, mampu atau tidak untuk mengerjakannya.
Harusnya memilih tema yang benar-benar dikuasai agar skripsi yang dikerjakan lancar.

2. Dosen Pembimbing Sulit Ditemui

Skripsi tak selesai karena dosen pembimbing sibuk
www.kaskus.co.id
Waktu Dosen Pembimbing memang tidak seluruhnya untuk membimbing skripsi mahasiswanya. Dosen Pembimbing juga punya tugas mengajar, tugas dari akademik dan tugas rumah lainnya, maka dari itu dosen pembimbing termasuk dalam golongan orang sibuk, meski tidak seluruhnya, tapi sebagian ada yang ramah dan punya banyak waktu untuk bimbingan. Jika punya dosen pembimbing yang tak sibuk, berarti kamu lagi beruntung.

3. Dosen Pembimbing yang Killer dan Ribet

Dosen Killer memang sangat dijauhi mahasiswa. Namun kamu tidak bisa menolak jika mendapatkan dosen pembimbing yang galak dan ribet. Suka menuntut ini-itu. Tapi percayalah, dosen tipe seperti itu memberikan yang terbaik untuk mahasiswanya, dosen seperti itu ingin skripsi yang dikerjakan mahasiswanya mendekati sempurna.
Sebetulnya beruntung juga mendapatkan dosen pembimbing yang killer, daripada mendapatkan dosen penguji yang killer, iya kan??

4. Kurang Motivasi

Motivasi itu penting. Motivasi dapat membuat kita terus melangkah meski berkali-kali terjatuh. Motivasi bisa datang dari dalam diri sendiri dan orang lain. Keluarga, teman harusnya terus memberi semangat dan motivasi untuk terus berjuang mengerjakan skripsi.

5. Tak Punya Target


Skripsi tak selesai karena tak punya target

"Aku harus lulus tahun ini!"

Jika punya target kelulusan dan setelah kelulusan pasti akan semangat dalam mengerjakan skripsinya sehingga cepat selesai. Jika tak punya target, pasti akan malas-malasan dan terus membuang-buang waktu dengan percuma.

6. Merasa Masih Punya Banyak waktu


Merasa Punya Banyak Waktu menyebabkan Skripsi Tersendat

Kebanyakan orang biasanya merasa santai jika deadline masih jauh, padahal jika ada pekerjaan yang bisa dikerjakan sekarang, harusnya dikerjakan sekarang. Atau tidak menunda-nunda pekerjaan. Merubah mindset itu penting, karena biasanya kita terlena dengan waktu yang panjang, tapi akan gelagapan jika tiba-tiba waktu berjalan begitu saja dan hampir habis. Ini juga terjadi bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi. Harusnya terus mengerjakan selagi ada waktu. 

7. Malas

Malas adalah faktor utama dan sifat diri. Malas menjadi penyakit serius bagi mahasiswa akhir yang sedang menulis skripsi. Banyak skripsi yang tak kunjung usai karena faktor malas. Jika ditanya kenapa malas, maka jawabannya berada di poin 1 - 6 di atas. 
Malas harus benar-benar diperangi demi skripsi yang selesai cepat dan tepat waktu.


Yuk kerjakan skripsimu!! :D

You Might Also Like

4 komentar