Swift

Pantai Bondo Jepara | Surga Dunia yang Tersembunyi

Pantai Bondo Jepara

Aku sendiri menyukai pantai. Dengan berdiam diri memandang cakrawala membuatku merasa bebas. Apalagi jika suasana pantai tersebut mendukung (baca : sepi), pantai tersebut seperti milikku saja. Semilir angin yang menubruk tubuh, mengalahkan terik matahari yang membakar kulit. Daman, tentram, dan nyaman, setidaknya itu yang kurasa. Penat hilang seketika, perjalanan panjang dari Kudus terbayar sudah. 

Jepara memang mempunyai banyak pantai, namun selama ini yang terkenal hanya Pantai Kartini, Pantai Bandengan, dan Benteng Portugis. Ya, pantai-pantai tersebut memang pantai yang sudah dekelola oleh Pemda. Pantai yang sudah dijadikan destinasi wisata andalan Kabupaten Jepara. Namun sebenarnya masih banyak pantai yang tak kalah indahnya yang bahkan masih bisa dibilang "perawan". Belum banyak yang tahu, karena memang selama ini belum dikelola Pemda secara maksimal. Salah satunya adalah Pantai Bondo.


Bibir Pantai Bondo Jepara

Tepatnya saat Kupatan (H+7 setelah lebaran 1 Syawal) kemarin, aku dan teman ke Pantai Bondo. Awalnya aku hanya penasaran dari cerita teman-teman yang sudah ke sana. Katanya pantainya masih indah dan sepi. 
Pantai Bondo terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri. Dari pertigaan Pantai Bandengan lurus terus sampai ke pertigaan Mlonggo, nanti belok kiri, lurus terus sampai ada pertigaan Pantai Bondo, ambil kiri, karena ke kanan menuju PLTU. 
Pada hari biasa katanya tidak dikenai tiket masuk, karena memang lokasi pantai ini berada di perkampungan, tapi pada hari minggu atau hari tertentu bisa dikenai tiket masuk, mulai dari Rp 5000. Tapi saat Kupatan kemarin dikenai tiket masuk Rp 10.000.

Pasir Putih Pantai Bondo

Pantai Bondo yang biasa disebut juga sebagai Pantai Ombak Mati ini, berpasir putih dan memiliki bibir pantai yang panjang membentang. Di sebelah ujung utara pantai dulunya adalah tempat pelelangan ikan, pantai di situ ditumbuhi karang-karang dan bebatuan. Tapi jangan khawatir karena bibir pantai sebelumnya semuanya pasir, jadi tak perlu khawatir jika berenang. 
Sekarang sudah ada yang menyewakan ban, pelampung dan tempat untuk bilas. Ada rumah makan dan warung-warung kecil yang siap memadamkan lapar anda. Namun sayang, di sekitaran pantai Bondo tidak ada tempat parkir resmi,  sehingga kendaraan bermotor memang harus benar-benar diawasi.

Omak Mati Pantai Bondo

Pantai Bondo memang bergabung dengan perkampungan warga, maka dari itu, banyak rumah-rumah warga di sekitaran pantai tersebut. Bahkan banyak sampah yang berserakan. Harusnya ini dijadikan perhatian bagi Pemda dan warga sekitar. Pengelolaan pantai ini kedepannya diharapkan semakin baik, sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Jepara.


Namun benar, pantai ini masih sepi. Buktinya saat Kupatan kemarin, pengunjungnya tak terlalu banyak. Apalagi jika hari biasa, pasti tak ada orang. 



Perahu Nelayan di Pantai Bondo

You Might Also Like

4 komentar