Swift

Kelemahan Powerbank Buatan Sendiri

Postingan kali inimenyambung dari postingan sebelumnya tentang cara membuat powerbank sendiri.

Powerbank yang saya posting kemarin menggunakan rangkaian di bawah ini:
Di mana menggunakan batrei penyimpanan 3,7 V yang dipasang seri sehingga memperoleh tegangan 7,4 V. Kemudian diturunkan menjadi 5 V dengan menggunakan IC LM 7805, sehingga dapat digunakan untuk mencarger smartphone dan tidak membahayakan smartphone, karena tegangan yang masuk ke smartphone memang 5 V, seperti yang tertera pada carger smartphone itu sendiri.

Tapi ternyata powerbank ini tidak bisa dicarger ulang dengan menggunakan carger smartphone yang bertegangan 5 V. Ini dikarenakan total tegangan yang digunakan minimal 7,4 V. Harusnya menggunakan carger dengan tegangan minimal 7,4 V. Maka dari itu cukup ribet karena harus menggunakan carger lain yang bertegangan 7,4 V ke atas.

Kelemahan lain adalah, batrei carger ini tidak tersedia tempat batreinya, jadi harus membuat sendiri yang malah bikin ribet dan kelihatan tidak bagus. Namanya juga bikin sendiri. Tapi performanya cukup bagus kok.
Saya sendiri pun tidak menganjurkan untuk membuat sendiri. Di sini saya hanya menginformasikan. :D
Tapi biasanya anak teknik elektro akan lebih puas dengan hasil karyanya sendiri. Setidaknya itu yang kurasa, meski hasilnya pun tidak baik. Bahkan sampai seakrang saya masih riset soal ini.  Bagaimana menyederhanakannya dan bagaimana caranya biar rapi.
Adapun rangkaian powersupply 9 V yang bisa digunakan sebagai carger powerbank bikinan sediri ada di postingan selanjutnya.

You Might Also Like

0 komentar