Swift

Cara Membuat Powerbank Sendiri | Rangkaian Powerbank Sederhana

Bikin Powerbank Sendiri

Sekarang itu lagi musimnya smartphone. Tapi kebanyakan dari smartphone itu battrey-nya cepat habis. Ya maklumlah, banyak banget viturnya. Apalagi kalau buat nge-game, online, BBM dan menggunakan aplikasi yang lain. Kebanyakan pengguna smartphone mengeluhkan akan hal itu. Bisa jadi nge-carger smartphone bisa dilakukan 2 kali dalam sehari. Kan gak enak kalau pengen dibawa ke mana-mana. Smartphone jadi tak bisa diandalkan, jika tiba-tiba mati pas lagi kita bawa. Cari colokan buat carger gak nemu-nemu. Hehe. Pasti jengkel banget kan tuh? Serasa ngantongin batu bata aja.


Seiring merebaknya smartphone, muncullah power bank, atau carger portabel. Ini fleksibel banget. bisa dibawa ke mana-mana. Bentuknya pun banyak, ada yang kecil dan besar. Tergantung berapa kekuatan menyimpan dayanya. 

Harga powerbank pun bermacam-macam. Itupun tergantung kemampuan menyimpan dayanya. Sebetulnya rangkaian powerbank itu sederhana sekali. Karena prinsipnya pun sederhana.

Prinsip kerja powerbank itu menyimpan daya, dan nanti bisa digunakan untuk men-carger smartphone. Tempat menyimpan daya ini bisa menggunakan battrey recarger. Battrey model seperti ini pun banyak jenis nya. Tidak mungkin pakai accu kan? hehe.

Baiklah, ini rangkaian paling sederhana powerbank:
Rangkaian Powerbank 5V - 38000 mAh
Rangkaiannya sederhana sekali. Terdiri dari penyimpanan (Batrrey recarger) 3,7 V - 38000mAh yang dirangkai seri, sehingga tegangannya menjadi 7,4 V. Kemudian ada Dioda 1 A (D1), juga IC LM 7805 sebagai penurun tegangan. Sedangkan LED (D2) digunakan sebagai indikator saja, jika dihilangkan pun tak masalah.

Di sini, ada dua soket, yaitu untuk output (keluaran ke smartphone) dan input (mengisi tegangan batrrey). Powerbank juga butuh di-carger loh. Kalau tidak ada tegangannya nanti tidak bisa digunakan untuk men-carger smartphone-nya dong.

Cukup mudah, kan? Saya membuat merangkai itu semua dengan PCB berlubang, yang lubang kecil. Kemudian battrey-nya diseri tak taruh di bawah PCB-nya. Sayangnya battrey 3,7V ini ukurannya lebih besar dari Batrrey AA sehingga tak ada yang menjual tempat battreynya. (Mungkin ada, tapi aku tak menemukannnya di toko eletro di kotaku). Cukup simple kan? Saya menghabiskan biaya 60 ribu untuk merangkai itu. Cukup murah, tapi penampilannya jelek. Hehe.

Sebelumnya bisa baca postingan tentang kelemahan powerbank bikinan sendiri dan power supply 9 V untuk carger powerbank bikinan sendiri.

You Might Also Like

14 komentar