Swift

Faktor yang Mempengaruhi Munculnya Jerawat

Faktor Munculnya Jerawat

Tadi aku baca-baca buku di perpus, eh nemu masalah jerawat. Tidak ada salahnya aku share juga garis besarnya di sini. Apalagi dulu sudah memposting tentang cara menghilangkan jerawat. Kan kurang afdol kalau belum tahu apa-apa saja yang dapat menyebabkan munculnya bintik merah kecil di wajah.

Jerawat tidak sakit sih, tapi benar-benar mmengganggu penampilan. Kulit putih jadi berhias corak mengerikan :D

Langsung saja, inilah faktor-faktor yang mempengaruihi munculnya  jerawat di wajah:


1) Faktor keturunan
Ya sudah jelas bukan, jika orangtua berjerawat akan ada kemungkinan besar keturunannya juga mewarisi kulit yang mudah dihinggapi jerawat. Meskipun tidak ada kepastian semua orang yang berjerawat mempunyai keturunan yang berjerawat pula. Tapi kebanykan seperti itu. Tapi orangtuaku pribadi tidak berjerawat, tapi aku berjerawat lho :D

2) Faktor makanan
Makanan berminyak, sudah menjadi rahasia publik tidak baik untuk kesehatan, apalagi kesehatan kulit, terutama wajah. Makanan yang sehat, kaya akan vitamin yang seimbang sangat dibutuhkan tubuh dan kulit untuk regenerasi kulit yang mati.

3) Faktor kebersihan
Nah, yang jorok kebanyak berjerawat. Di sini jorok dalam artian jarang cuci muka. Kan kotoran-kotoran akan masuk ke pori-pori kulit dan menyumbatnya, timbul deh jerawat. Heu heu, aku sih tidak jorok, kalau kamu?
Meskipun kamu seorang pria, jangan malu, karena kebersihan sebagian dari iman kan? Kalau seorang muslim, sudah diuntungkan dengan wudlu sebelum sholat kan?

4) Faktor iklim
Terkadang ada kulit yang alergi dan tidak cocok dengan cuaca tertentu. 

5) Faktor Kosmetik
Salah pilih kosmetik bisa merusak kulit lho, salah satunya muncul bintik unyu  ini :D Makanya beli kosmetik yang sudah terdaftar di dinas kesehatan. Jangan pilih kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti merkuri. Apabila sudah merasakan penolakan kulit terhadap kosmetik Anda, segera hentikan pemakaiannnya.

6) Faktor Hormon
Munculnya jerawat biasanya pada masa pubertas. Pada masa ini hormon manusia tidak stabil atau meluap-luap. Emosi dan jiwa seorang remaja juga belum stabil. Banyak pikiran dan galau sering melanda mereka, itu yang menyebabkan jerawat itu muncul bagai jamur di musim hujan. 

7) Faktor Pikiran
Menyambung dari faktor ke-6 yang memaparkan pengaruh pikiran tadi. Benar stress atau kalut yang terjadi dapat memicu timbulnya jerawat. Makanya terkadang perlu refreshing ya. Jangan pikiran terus, apalagi galau kreo doi belum ngasih respon apa-apa. Tidak hanya kulit saja sebenarnya yang bermasalah, kesehatan dan kejiwaan juga kan? 

You Might Also Like

0 komentar