Swift

Kerja Sambil Kuliah; Alternatif Melanjutkan Studi


Kerja Sambil Kuliah; Alternatif Melanjutkan Studi

Tamat SMA langsung bekerja. Banyak orang memang mengambil jalan itu. Alasan yang melandasinya dan sering digunakan menjadi alasan utama adalah: tidak punya biaya untuk melanjutkan. Alasan klasik yang sering menjadi jawaban bagi lulusan SMA yang tidak melanjutkan. Memang wajar, karena semakin ke sini, biaya kuliah semakin melambung tinggi. Tidak hanya PTS, PTN pun biayanya melembung tinggi. Bidikmisi yang ditawarkan pemerintah sering tak tepat sasaran.
Jika memang benar alasanya tidak punya biaya, berarti dalam hati nuraninya masih menginginkan melanjutkan keperguruan tinggi. Karena penghambat mereka hanya biaya, sehingga mereka memilih bekerja, dan kuliah setelah itu, dengan mengabil kelas karyawan. Sehingga mereka tetap kerja dan kuliah di hari dan jam yang sudah diatur oleh perguruan tinggi masing-masing.
Selain murni keinginan dari hati untuk menuntut ilmu lebih tinggi, ada yang berlasan hanya ingin mendapatkan ijazah sarjana, sehingga akan naik jabatan. Itu pun tak sedikit.
Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memang memaksa setiap orang untuk mengikutinya, ya dengan cara melanjtukan ke perguruan tinggi. Semakin banyak yang membutuhkan kuliah tanpa harus meninggalkan pekerjaan, ini mendorong kampus-kampus untuk membuka kelas ekstensi atau karyawan. Dimana kelas ini diperuntukkan untuk karyawan yang ingin mewujudkan keinginannya yang sempat terpendam, atau hanya ingin mendapatkan ijazah sehingga dapat naik jabatan.
Alasan yang kedua di atas memang secara tidak langsung merusak citra dari kelas ekstensi ini. Sehingga stigma negatif tersebut tercipta di masyarakat. Pandangan masyarakat pun berubah, bahawa kuliah kelas karyawan tidak bermutu, kuliah kelas karyawan haya untuk ijazah saja, dan lain-lain.
Pandangan-pandangan masyarakat sebenarnya belum terbukti yang sebenarnya. Mereka hanya mendengar tanpa meneliti yang sebenarnya. Kelas karyawan ditempati oleh pekerja-pekera yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia kerja. Pengalaman-pengalaman kerja sudah mereka terima. Praktek nyata sudah mereka lakukan. Di dalam kelas mereka mendapatkan teori-teori yang sudah mereka terapkan sebelum masuk kuliah. Sehingga hambatan-hambatan dalam bekerja dapat mereka pecahkan atau tanyakan pada dosen yang mengampu. Bukankah luar biasa?
Sedagkan mahasiswa yang kuliah reguler, memang dari segi teori lebih unggul, tapi mereka hanya sebatas teori belum  bisa menerapkan dalam dunia kerja yang nyata. Mungkin dunia kerja yang sebenarnya hanya terpampang bayangan di kelapa saja, atau terlihat jika kunjungan kerja, tapi itu belum cukup untuk sebuah pengalaman kerja yang berarti.
Kuliah kelas reguler dan karyawan sama bagusnya, ada keleahan dan kelebihan yang sudah saya paparkan. Apa pun yang diambil, itu sudah lebih baik daripada yang diam saja tak melanjutkan pendidikannya, karena sekali lagi, ilmu dan teknologi akan terus berkembang dan maju.
Kuliah kelas karyawan di masa sekarang menjadi alternatif menuntut ilmu yang, mudah, efisien, dan digemari bagi pelaku kerja.



You Might Also Like

2 komentar