Swift

Cara Mengirim Naskah ke Medpress (Media Pressindo)


Kirim naskah lengkap kamu dalam bentuk hardcopy dan kirim ke :

MEDIA PRESSINDO
Jl. Cempaka Putih No. 8
Deresan CT X, Gejayan, Yogyakarta 55283


Atau bisa juga dalam bentuk softcopy dengan subject
KIRIM NASKAH FIKSI (spasi) JUDUL NASKAHMU (spasi) NAMA KAMU
ke:
medpressgroup@yahoo.com



SYARAT PENGIRIMAN NASKAH FIKSI BESERTA KELENGKAPANNYA
1.         Diketik dengan spasi 1,5 Times New Roman 12 margin kiri: 4, atas-bawah-kanan: 3,dengan jumlah halaman:
-       Romance/Chicklit/Teenlit/Dewasa/Rumah Tangga: 100-150 hlm
-       Kumpulan cerpen (harus tematik/punya benang merah, yang ditulis oleh beberapa orang lebih disukai): 100-150 hlm
-       Komedi//Personal Literature: 70-100 hlm
-       Horor/Misteri/Detektif: 100-170 hlm
2.         HARUS melampirkan sinopsis ceritanya. Bukan cuplikan atau petunjuk tentang isinya (bukan yang biasa kamu lihat di cover belakang/blurb), tapi bener-bener ringkasan cerita isi, dari awal sampai ending-nya. Tidak perlu merahasiakan ending-nya dari redaksi. Sangat dianjurkan untuk membuat sinopsis per bab. 
3.         Mencantumkan biodata yang paling tidak berisi nama, alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, serta nomor rekening.


BEBERAPA HAL YANG MEMBUAT NASKAH PASTI TIDAK DITERIMA
1.       Tema: asmara sesama jenisfanfiction, fantasibad ending. (Catatan: bad ending tidak sama dengan sad ending)
2.       Naskah tanpa sinopsis.
3.       Teknik penulisan yang kacau serta gaya bahasa yang membingungkan (lihat teknik dan gaya penulisan berbagai novel). Selain membaca sinopsis, sebagai seleksi tahap awal, redaksi akan menilai naskah dari 5 halaman pertama dan 5 halaman terakhir.


SEKADAR SARAN DAN TIPS
1.         Gunakan gaya bahasa yang lugas, jelas, dan mengalir, yang disesuaikan dengan cerita, tokoh, dan setting-nya. Gunakan teknik menulis yang baik. Cari dan pelajari dari berbagai novel sebagai referensi.
2.         Buat alur cerita sekeren mungkin, boleh linier asalkan nggak monoton. Bila memungkinkan, tambahkan kejadian-kejadian flashback untuk memperjelas dan mempertegas ceritamu.
3.         Beri latar belakang cerita pada setiap karakter (terutama karakter utama) dan deskripsikanlingkungan kehidupan mereka. Perhatikan hukum ‘sebab-akibat’ dari setiap tindakan/keputusan yang diambil karakter.
4.         Bisa masukkan unsur pekerjaan/profesi para tokoh utamanya, di mana masing-masing pekerjaan memiliki konflik yang harus diselesaikan. Jadi, isi cerita tidak melulu tentang hubungan asmara antara tokoh utama cowok dan cewek (jika genrenya romance). Semakin informatif, semakin disukai.
5.         Paparkan dengan detail setting/tempat yang digunakan dalam cerita. Dengan begitu pembaca akan merasa ‘benar-benar masuk’ ke dalam cerita yang kamu tulis.

Sumber: http://medpressfiksi.tumblr.com/pengiriman_naskah

You Might Also Like

2 komentar