Swift

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

manfaat tertawa bagi kesehatan
manfaat tertawa

Meski terdengar konyol dan sederhana, namun ternyata tertawa memang membawa dampak yang baik bagi kita. Dengan tertawa, kita seperti sedikit lepas dari duka. Obat galau jika kata orang. Dengan tertawa kita bahagia. Dan bahagia (tidak stress) adalah modal utama untuk memlihara kesehatan kita.

Dalam artikel kali ini, akan saya paparkan manfaat tertawa bagi kesehatan. Tentunya bersumber dari beberapa artikel kesehatan.



1. Mengurangi stress
Sudah sangat jelas sekali, kalau tertawa memang dapat mengurangi stress. Dengan tertawa akan mengurangi energi-energi negatif dalam pikiran kita yang membuat kita depresi.

2. Mengendurkan saraf dan otak
Seperti poin nomor satu, tertawa dapat mengurangi stress. Itu berarti juga memberi efek positif untuk saraf dan otak kita. Tertawa akan memicu hormon anti stress seperti kortisol dan endorfin yang membantu sistem saraf menjadi santai.

3. Baik untuk jantung
Beberapa penelitian menyebutkan, dengan tertawa ada peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Seperti Berolahraga
Tertawa bisa dikatakan olahraga ringan. Ketika tertawa wajah Anda mengalami peregangan otot. Peredaran darah menjadi lebih lancar, karena nadi dan oksigen mengalami peningkatan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Tertawa dianggap mampu melepaskan sel T dan sel-sel pembunuh yang dapat memperkuat kekebalan tubuh. Beberapa  penelitian menyebutkan, tertawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa bisa juga untuk melawan kanker.

Hidup harus dijalani dengan santai. Menikmati setiap perjalanan hidup dengan bahagia. Karena kunci utama memelihara kesehatan adalah dengan bahagia. Kita butuh hiburan dan tertawa setelah bekerja seharian, itu termasuk salah satu usaha kita untuk memelihara kesehatan.

*) referensi sebagai rujukan : http://intisari-online.com/read/manfaat-tertawa-bagi-kesehatan, http://beda-kata.blogspot.com/2013/05/manfaat-tertawa-untuk-kesehatan.html

You Might Also Like

0 komentar