Swift

Manfaat Belajar Kelompok

manfaat belajar kelompok
best friend

Sepertinya kegiatan belajar kelompok sudah tidak populer di kalangan pelajar sekarang. Mereka lebih senang belajar privat atau mengikuti bimbel. Baiklah jika mereka berasal dari kalangan orang mampu. Itu lebih baik daripada tidak belajar sama sekali.

Padahal sebetulnya belajar kelompok lebih ringan dan mengasikan. Kenapa, karena bisa jadi kita tak butuh lagi guru privat, atau pembimbing. Kita jadi sama-sama diuntungkan. 

Kok bisa begitu?


Belajar kelompok bisa dikatakan belajar bersama. Kecenderungan kepintaran pribadi satu dengan yang lainnya berbeda. Ada yang pintar di matematika, ada yang pintar di bahasa dan yang lainnya. Jika mereka berkumpul dan belajar kelompok, maka mereka bisa saling berbagi. Saling mengajari. Jadi semua peserta belajar menjadi paham dan bisa semua.

Adapun Nasution (2000:34) mengemukakan beberapa manfaat dari kerja kelompok sebagai berikut.
a.       Mempertinggi hasil belajar, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
b.      Keputusan kelompok lebih mudah diterima setiap anggota, bila mereka turut memikirkan dan memutuskan bersama-sama.
c.       Mengembangkan perasaan sosial dan pergaulan sosial yang baik.
d.      Meningkatkan rasa percaya diri anggota kelompok.

Seperti yang dikemukakan Nasution, selain memang prestasi yang dituju, namun di samping itu, belajar kelompok bisa meningkatkan rasa sosial. Interaksi sosial dengan teman. Kita bisa belajar sling menghrgai pendapat, dan belajar berkomunikasi sosial. Belajar berada di tengah-tengah orang dan belar kerja tim.

Namun sayangnya sekarng belajr kelompok sudah banyak ditinggalkan.... Kebanyakan mereka lebih suka main gadget atau menonton TV.

You Might Also Like

0 komentar