Swift

Latihan Fotografi Pemula si Roeman | Bagian 2 - Museum Kretek

Rumah Adat Kudus
Alhamdulillah sekali, ada kesempatan kedua untuk menggunakan kamera mahal tersebut. Masih dengan kamera yang sama, dan dipinjami orang yang sama. Jadi bisa latihan fotografi lagi. Memang satu atau dua kali latihan tak cukup. Butuh berkali-kali latihan untuk menciptakan foto berkulitas maksimal. Tidak hanya latihan praktek saja, teori pun juga harus dikuasai. Apalagi teori dasar fotografi tentang ISO, Aperture dan lain-lain.

Bokeh, adalah teknik blur di belakang objek fokus fotografi. Saya sendiri suka dengan foto seperti ini. Ada kesan artistik tersendiri yang bisa dinikmati, selain memfokuskan objek foto. Di bawah ini adalah salah satu foto bokeh yang saya ambil. Sebelumnya sudah mengalami pengeditan, berupa pengaturan cahaya.

Taman Museum Kretek
Termenung di Taman
Masih seperti kemarin di kajar, hari itu langit kurang bersahabat. Mendung masih menggantung. Matahari terhalang sinarnya. Cahaya tidak terlalu terik, itu membantu sekali untuk mengambil gambar. Namun harus tetap jeli mengatur foto agar menjadi baik.
Ber-setting di bangunan nan etnik, menjadikan foto di bawah ini terlihat klasik. Di depan rumah adat kudus yang bertempat di museum kretek kudus, foto ini diambil. Dengan model Fitria Andriani yang mengenakan jilbab dan baju warna tosca.

Rumah Adat Kudus
Rumah Adat Kudus
Membuat efek bokeh/blur tidak hanya untuk background saja, namun objek di depan objek fokus pun bisa. Seperti foto di bawah ini. Rumput-rumput di depan objek fokus utama terlihat blur. Begitu juga yang menjadi latarnya, yaitu rumah adat kudus.
Latihan membuat foto bokeh keren
Menunggu Kumbang Datang
Foto bokeh yang menjadi favorit saya juga saya terapkan di foto di bawah ini. Diorama pekerja pembuat rokok kretek di dalam museum kretek. Salah satu koleksi yang mampu menggambarkan pengerjaan rokok dari awal hingga akhir.
membuat foto bokeh keren
Membuat Rokok Kretek
Sama seperti foto keempat. Foto di bawah ini diambil di halaman depan museum kretek kudus.
latihan fotografi
Taman Impian
****
Memang butuh latihan yang banyak dan jam terbang yang tinggi. Satu-dua kali saja tak cukup. Semoga ada kesemptan ke tiga dan seterusnya untuk saya pribadi latihan. Demi pemuas hobi saya pribadi.
reyhan m abdurrohman
Roeman / Reyhan M Abdurrohman
*sumber gambar : pribadi

You Might Also Like

0 komentar