Swift

5 Hal Pemicu Perut Kembung



Hampir setiap orang pernah mengalami perut kembung, tak terkecuali saya. Perut terasa penuh oleh angin. Rasanya tidak enak, dibuat duduk tak nyaman, dibuat tidur pun juga. Kadang disertai nyeri, apalagi jika asam lambung ikut naik. Pasti sakit banget.
Organ di sekitan lambung juga seperti terjepit karena efek lambung yang mengembang. Pengen muntah tapi tak bisa, tidak nafsu makan, dan badan jadi meriang. Kata orang awam sih itu masuk angin.

Tadi (22/12/13) di Dr.OZ Indonesia Trans TV memaparkan tentang hal yang dapat memicu perut kembung. Langsung saya simak baik-baik deh, karena saya pun sering kembung jika habis bepergian jauh, juga memang kadang nafsu makan saya yang tak teratur.
Dan inilah 5 di antaranya yang dapat memicu terjadinya perut kembung:

1. Brokoli
Lho kok si hijau yang katanya menyehatkan ini dapat memicu kembung? Ternyata brokoli itu mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose. Ini sulit untuk dicerna dan dipecah oleh tubuh menjadi energi.
Untuk menghindari kembung, sebaiknya tidak memakan dua sayuran ini mentah-mentah. Memasaknya akan membantu memecah karbo dan sulfur. Tidak perlu terlalu lama, cukup dimasak selama beberapa menit agar nutrisi pentingnya tetap terjaga.

2. Permen Karet
Kenapa permen karet bisa memicu kembung? Perhatikan saat kita meniup permen karet tersebut menjadikannya balon, lha mulut kita akan sering terbuka yang meyebabkan angin atau gas lebih mudah masuk ke dalam lambung.

3. Rokok
Ini sudah jelas. Selain itu, rokok dapat menyebabkan gangguan perafasan, jantung, impotensi dan gangguan kehamilan.

4. Susu.
Seperti keju, susu, mentega, yogurt, dapat menyebabkan kembung pada orang-orang tertentu. Tidak semua orang dipengaruhi oleh produk susu. Produk susu berpengaruh pada orang yang mengalami intoleransi laktosa. Karena laktosa pada produk tersebut tidak dapat dicerna dengan baik pada penderita intoleransi laktosa, laktosa menumpuk dan meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

5. Kacang-kacangan
Kacang hijau, kacang tanah, dan jenis kacang lainnya kebanyakan mengandung raffinose yang menyebabkan kembung. Namun untuk wanita hamil, konsumsi kacang perlu. Untuk mengurangi efek kembungnya, rendam kacang selama 8 jam, lalu diolah menjadi hidangan kesukaan Anda.

*referensi dari berbagai sumber
*sumber gambar http://duniafitnes.com/wp-content/uploads/2013/09/Cegah-Refluks-Asam-Lambung-dengan-7-Cara-Ini.jpg

You Might Also Like

0 komentar