Swift

7 Pertanyaan Sebelum Menulis Novel | Cara Menulis Novel


Menulis novel?
Hem... cerita dengan nafas panjang, memang perlu perhatian dan waktu khusus untuk menulisnya. Bukan berarti tidak bisa, bisa kok. Asal kita kudu siap.
Bagaimana caranya memulai nulis novel itu?
Apa sih yang harus di siapkan saat menulis novel itu?
Kata Mbak Dian Nafi saat talk show di Toga Mas Semarang suatu waktu lalu, ada tujuh pertanyaan yang wajib dijawab penulis sebelum menulis novel. Ini untuk memudahkan dan mengarahkan penulis dalam menulis novelnya nanti. Apa saja itu?


1. Siapa tokoh utama novel yang mau kamu tulis?
Ya, ini penting sekali. Tentukan siapa tokoh utama dan tokoh pendukung, serta karakternya bagaimana.

2. Apa cita-cita tokoh utama?
Ini seperti keinginan, tujuan utama tokoh dalam novelmu. Misalnya tujuannya ingin naik haji, tujuannya ingin mencari jodoh, tujuannya ingin kuliah di Univ A, dan lain-lain. Tujuan tokoh harus jelas.

3. Apa yang menghalangi tokoh utama menggapai cita-cita?
Kalau jalannya lurus terus nggak asyik kan? Makanya harus ada penghalang, entah itu keadaan atau tokoh antagonis. Tokoh antagonis di sini bukan melulu orang jahat yang matanya selalu melotot. Di sini bisa digambarkan dengan keadaan, ketidak berdayaan dan lain sebagainya.

4. Bagaimana penulis menceritakan jatuh bangunnya tokoh dalam menggapai cita-cita?
Seharusnya sudah ada alur atau rancangan cerita, bagaimana nanti tokoh utama menggapai cita-citanya. Melawan penghalang, berjuang terus melawan segala rintangan untuk menggapai tujuannya.

5. Peristiwa apa yang menjadi titik balik pemikiran tokoh utama.
Ya, nggak mungkin tokoh utama tiba-tiba berubah atau menginginkan sesuatu jika tidak ada peristiwa yang bisa mengubahnya kan?
Misalnya ketika ia melihat ibunya sakit-sakitan, ia sadar dan ingin membahagiakan ibu. Ia tidak akan memermainkan perempuan lagi.

6. Apa bentuk keberhasilan tokoh
Sudah jelas kan? Apa sih bentuk keberhasilan tokoh yang dipilih penulis. Misalnya ia berhasil menjadi juara satu baca puisi, ia berhasil mendaptkan cintanya Nayra.

7. Ending dramatik yang dipilih penulis
Penulis seharusnya sudah menentukan ending novelnya akan bagaimana.

Semoga menulismu lancar dan novelmu cepat diterbitkan amin...
Aku juga masih dalam tahap belajar untuk menjadi novelis. Doakan ya. hehe

You Might Also Like

0 komentar