Swift

Elektronika: Rangkaian Power Suplly Regulator

Power supply adalah perangkat penting dalam elektronika, karena perangkat ini berguna mencatu daya yang akan masuk pada perangkat elektronika lain. Power Supply Regulator ini tegangan keluarannya dapat diatur-atur berdasarkan selera dengan memutar VR. Rangkaian ini cukup sederhana dan mudah jika dibuat oleh pemula yang belum begitu mengenal elektronika, komponennyapun cukup sedikit.
Bagian terpenting dalam power supply ini adalah terletak pada komponen IC, komponen aktif ini menjadi pengatur tegangan keluaran. Jika salah memasang IC maka tegangan yang dikeluarkan oleh power supply tidak sesuai yang didinginkan, dan bahkan tidak akan keluar tegngannya. Letak kesulitannya terletak pada IC ini. IC tipe LM 338 memerlukan pendingin, dan berbentuk jengkol seperti transistor. IC ini dapat diganti dengan:
IC LM 137
IC LM 317

IC LM 138
IC LM 238
Tapi lebiiih baik menggunakan IC LM 338
Pada Resistor 240 itu sulit untuk mendapatkannya jadi dapat diganti dengan resistor 270 atau diatasnya. Tapi tidak boleh kurang dari 240. Trafo yang digunakan terserah, pemberian dioda harus sesuai pada Ampere trafo, jika trafo 5 A maka dioda harus 5A, jika 3 A maka dioda harus 3A.

You Might Also Like

0 komentar