Swift

Cara Membuat PCB (Printed Circuit Board)


Membuat PCB
PCB mempunyai dua macam yaitu
-          Single layer / single side (satu sisi)
-          Double layer / double side (Dua sisi)
PBC / Printed Circuit Board adalah papan rangkaian tercetak yang terbuat dari bahan ebonite atau fiber glass dimana satu permukaan sisinya dilapisi dengan lapisan tembaga tipis. PCB jenis ini biasanya disebut single layer / single side (satu sisi) karena hanya memiliki satu permukaan yang dilpisi tembaga.
Ada juga jenis PCB yang ke dua sisi permukaannya dilapisi dengan tembaga dan disebut Double layer / double side (dua sisi). Jenis PCB ini umumnya dipergunakan untuk pembuatan rangkaian yang bersifat komplek dan rumit.
Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan bagai mana cara membuat PCB dengan teknik sablon dengan menggunakan setrika.
Tahap pembuatan PCB:
  1. Pembuatan sket
Pekerjaan yang dilakukan dalam tahap ini meliputi perencanaan, penyusunan dan penempatan komponen dan membuat jalur-jalur yang menghubungkan komponen-komponen sehingga terbentuk suatu rangkaian elektronoka yang tertuang dalam bentuk sket atau pola rangkaian.
Dalam pembuatan sket ada beberapa cara yaitu dengan cara manual atau lewat computer. Dengan cara menual yaitu membuat sket dengan menggambar tata letak komponen dan jalur PCB di kertas biasa atau millimeter blok. Cara ini merupakan cara sederhana dan membuat rangkaian yang sederhana pula. Adapun jika membuat rangkaian yang sangat rumit dapat membuat PCB dengan menggunakan computer dengan software yang sudah tersedia banyak sekali di internet. Adapun salah satu softwarenya PCBdesigner. Silahkan download di sini.


  1. Pemindahan sket dalam PCB
Bila kita menggunakan metode sablon kita harus memfoto copy sket kita dalam kertas kalender atau mika, kenapa harus difoto copy di kertas tersebut???? Karena tinta foto copylah yang dapat di sablon, dengan menggunakan kertas tersebut maka pensablonannya lebih mudah dan hasilnya lebih bagus.
Setelah di sablon, bila ada jalur yang tidak terseblon dengan baik dapa di tebali dan dihubungkan dengan spidol permanent..

  1. Pelarutan
Proses ini bertujuan untuk menghilangkan bagian tembaga yang tidak terpakai dengan menggunakan larutan kimia Ferochlorida (Fe Cl3), ammonium persulfat, asam crom dll. Dalam proses pelarutan air digunakan sebaiknya air hangat.

  1. Pencucian
PCB yang sudah larut dapat di cuci dengan tiner atau bensin untuk menghilangkan spidol dan sablonan.
  1. Pengeboran
Untuk tempat memasukkan kaki komponen maka PCB harus dib or.
  1. Penyempurnaan
PCB telah siap digunakan………………………….
Ribet ya???? gak mau ribet beli aja noh sono di toko elektronik.

You Might Also Like

0 komentar